6 Superfood yang Menjaga Kulit Tetap Cantik dan Terlihat Awet Muda

Biji-Bunga-Matahari

KULIT merupakan pelindung tubuh manusia dari segala kondisi. Karena itulah, wajib hukumnya untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat cantik.

Salah satu cara menjaganya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Mau tahu apa saja makanan yang dapat menjaga kecantikan kulit Anda? Berikut daftarnya!

  1. Biji Bunga Matahari

Paparan sinar matahari dan juga polusi, akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit. Hal itu juga yang akan membuat Anda terlihat lebih cepat tua.

Dan, nutrisi untuk menjaga kulit tetap sehat adalah Vitamin E, yang terkandung dalam biji bunga matahari alias kwaci/kuaci.

Biji bunga matahari merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin E. Nutirisi ini akan melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan sinar matahari.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari biji bunga matahari juga dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dan cantik.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, pigmen alami yang ditemukan pada tumbuhan. Kulit bercahaya adalah salah satu efek jika Anda rajin mengonsumsi superfood ini.

Ubi-Jalar

Manfaat kecantikan lain dari ubi jalar, dapat bertindak sebagai perisai dari sinar UV yang berbahaya. Sinar UV dapat menimbulkan kerusakan sel dan kekeringan.

Dengan demikian, jika ingin kulit Anda tetap terlihat awet muda dan cantik, rutinlah mengonsumsi umbi yang satu ini.

  1. Cokelat Hitam

Ada begitu banyak manfaat yang Anda dapatkan hanya dengan menambahkan cokelat hitam atau dark cokelat ke dalam makanan harian Anda.

Cokelat Hitam

Salah satu manfaat kecantikan yang akan didapat adalah kulit yang sehat dan bercahaya. Itu karena cokelat hitam kaya akan antioksidan, yang juga terkenal ampuh untuk menjaga kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga membantu mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki bintik kecolatan pada kulit.

Perlindungan dari sinar matahari yang berbahaya adalah manfaat besar lainnya dari mengonsumsi cokelat hitam secara teratur. Nutrisi dari dark chocolate memberikan perlindungan terhadap sengatan matahari dan sinar UV.

  1. Kacang-kacangan

Superfood untuk kulit cantik selanjutnya adalah kacang. Sinar matahari dan radikal bebas adalah penyebab utama kerusakan sel di kulit Anda. Hal itu akan menyebabkan keriput dan membuat wajah terlihat lebih tua.

Kacang-kacangan

Lagi-lagi, Vitamin E adalah nutrisi penting untuk melawan kondisi tersebut. Kacang-kacangan seperti almond dan hazelnut merupakan sumber vitamin E yang baik.

Selain itu, almond juga memiliki kekuatan untuk menyembuhkan peradangan kulit dan sejumlah masalah kulit lainnya.

  1. Jeruk

Jeruk, merupakan buah manis-asam yang banyak penggemarnya. Apalagi jika sudah dibuat jus, ditambah es batu, dan dikonsumsi saat cuaca panas. Menjadi minuman yang tepat untuk menghilangkan dahaga sekaligus mengambil manfaatnya!

Bukan rahasia lagi kalau rutin meminum jus jeruk dapat memperbaiki corak kulit. Namun, manfaat buah yang luar biasa ini bagi kulit tidak hanya sebatas itu, nutrisi dan minyak dalam jeruk dapat melembabkan kulit Anda.

Jeruk

Jeruk juga merupakan sumber Vitamin C yang baik. Itu artinya, buah ini juga dapat meningkatkan perkembangan kolagen, bagian struktural kulit Anda.

Selain itu, dengan mengonsumsinya secara rutin Anda akan memiliki kulit yang bebas kerutan.

  1. Pepaya

Beruntung kita tinggal di negara tropis yang kaya akan sumber daya alam melimpah, termasuk buah-buahannya. Pepaya adalah salah satu contoh produk buah tropis.

Pepaya

Mungkin Anda sudah sering dengar produk kecantikan kulit yang menggunakan pepaya sebagai bahan dasar pembuatannya. Ya, itu karena pepaya mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga sudah pasti baik untuk kecantikan kulit.

Dengan mengonsumsi pepaya secara teratur, Anda akan mendapatkan wajah yang cerah, kulit yang lembab, dan yang paling penting, menjaga kulit tetap sehat.

Masih ragu mengonsumsi makanan di atas? (Ivan Runa)

Editor ; Budi Sarmun