Sruti Respati Hadirkan Single Terbaru “Aku Melihat Indonesia” yang Terispirasi dari Puisi Presiden Soekarno

sruti-respati
FOTO/DOK

SOLO,suaramerdekasolo.com – Sruti Respati kembali membuat album single terbarunya berjudul “Aku Melihat Indonesia”. Single terbarunya ini menambah deretan karya-karya Sruti Respati lainnya.

Penyanyi yang mengawali karier tarik suaranya dari sinden ini cukup produktif dalam menelurkan album single. Kali ini judul “Aku Melihat Indonesia” dipilih Sruti karena punya alasan kuat.

“Lagu Aku Melihat Indonesia ini adalah sebuah karya yang lahir dalam rangka untuk memberi penghormatan kepada Proklamator Indonesia, Bapak Ir Soekarno. Saya memiliki kekaguman kepada beliau dan ingin menghormatinya dengan lagu saya kami ciptakan ini,” ungkap Sruti Respati dalam siaran persnya.

Karena itulah, lanjut Sruti, syair lagu ini juga terinspirasi dari puisi Presiden Indonesia pertama, Soekarno yang berjudul “Aku Melihat Indonesia”. “Sumber lagu ini dari puisi beliau yang berjudul sama, kemudian kami gubah menjadi lagu,” tambah Sruti.

Dari puisi Soekarno berjudul Aku Melihat Indonesia tersebut, selanjutnya Sruti bersama bersama komposer Robertus Grassianus menyesuaikan puisi tersebut ke dalam sebuah lagu.

Dalam karyanya ini, dalam video klip, Sruti juga berkolaborasi dengan sahabatnya yang seorang pelukis pasir yakni Vina Candrawati. Sruti bersama Vina menyampaikan puisi karya Soekarno dalam lagu dan lukisan pasir.

Ditambahkan Sruti, banyak cara mengenang dan mengapresiasi para pahlawan yang telah berjuang untuk negeri, salah satunya dengan mempersembahkan lagu untuknya.

“Ada banyak cara mengenang jasa pahlawan yang telah mendahului salah satunya dengan lagu yang kami ciptakan ini,” ungkapnya.

Karya yang dia ciptakan ini, kata Sruti, juga bagian dari esensi menghormati perjalanan sejarah bangsa.

“Ada greget yang terus menyala, mendorong memberi inspirasi untuk berbagi semangat nasionalisme pada sesama anak bangsa. Mari kita tidak berhenti berkarya,” ajak Sruti.

Single album bertajuk “Aku Melihat Indonesia” ini juga tepat dilaunching di Bulan Agustus karena bertepatan bulan di mana Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya.

“Lagu ini sebenarnya sudah kita share sejak taggal 17 Agustus lalu bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI. Saat ini juga terus kami sosialisasikan ke publik,” ungkapnya. (*)

Syaiir Lagu
“Aku Melihat Indonesia”

Jikalau aku berdiri, dipantai Ngliyep kudengar
Lautan Hindia..membanting bergelora
Aku mendengar lagu sajak Indonesia

Jikalau aku melihat,
sawah-sawah menguning menghijau .. sungguh ku tak melihat batang-batang padi
Tapi aku melihat Indonesia

Gunung Merapi, Semeru, Merbabu
Tangkuban Perahu dan Kelebet
Pun gunung-gunung megah yang lain..

Aku melihat Indonesia..

Merdu lagu Batak dan Olesio Maluku
Hingga syahdu Pangkur Palaran

Burung Perkutut menyanyi di pohon
Ditiup angin sepoi – sepoi
Jikalau aku hirup udara ini,
bukan lagi tentang udara
Jika kulihat wajah anak-anak desa,
Matanya berbinar sinar merdeka..

Aku melihat Indonesia !