5 Foto Luar Angkasa yang Begitu Menakjubkan

Palm-Island
image by nasa gov

TERKADANG, suatu objek menampakkan keindahannya tidak hanya jika dilihat secara horizontal saja. Bisa jadi letak keindahannya justru dapat terlihat ketika dipandang secara vertikal, contohnya potret dari luar angkasa atau menggunakan drone.

Saat ini, manusia juga berlomba-lomba menciptakan objek yang bisa dilihat keindahannya jika terlihat dari atas. Bahkan, zaman dulu saja sudah ada struktur yang terlihat keren jika terlihat dari luar angkasa, Piramida Giza misalnya.

Tidak hanya struktur buatan manusia saja, ternyata pemandangan yang tercipta secara alami juga begitu menakjubkan ketika dilihat dari luar angkasa.

Seperti beberapa gambar tangkapan dari luar angkasa berikut, sangat menakjubkan jika diamati baik-baik. Check it out!

  1. Palm Island

Palm Island merupakan pulau buatan manusia yang dinamakan sesuai bentuknya jika disaksikan dari langit. Pulau buatan terbesar ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pulau berbentuk pohon palem ini tersebar dengan luas total 100.000 meter kubik.

Pulau palem bersama dengan pulau dunia Dubai dapat dilihat bahkan dari luar angkasa. Sebagai pulau buatan terbesar di dunia, tidak ada alasan untuk bertanya-tanya dalam hal ini. Pulau kelapa sebenarnya menyimpan dua pulau buatan berbentuk pohon palem yang tersebar di area seluas 100000 meter kubik.

Disini, Anda dapat menjumpai ratusan hotel mewah, vila, pusat perbelanjaan dan taman di dalam keajaiban buatan ini. Pulau ini dibangun oleh pengerukan pasir di perairan dangkal pantai Dubai.

  1. Piramida Giza

Tidak cuma terlihat keren jika dipandang secara sejajar, Piramida Giza di Mesir ini juga terlihat sangat indah dan begitu simetris ketika dipandang dari udara.

Yang membuatnya begitu menakjubkan, bangunan ini dibuat manusia ribuan tahun lalu, dengan presisi yang sangat baik dan begitu kokoh. Sedangkan, teknologi pada saat itu tidak seperti sekarang yang begitu canggih.

Piramida-Giza
image by nasa gov

Hingga kini, struktur Piramida masih belum terpecahkan sepenuhnya, tentang bagaimana pembuatannya, dan apa tujuannya dibangun.

  1. Great Barrier Reef

Great barrier reef di Australia sepanjang 1.600 mil, menjadi terumbu karang terbesar di dunia. Tempat ini juga menjadi tempat tinggal makhluk hidup terbesar di dunia yang dapat dilihat dari luar angkasa.

Terumbu karang ini juga terhubung dengan lebih dari 900 pulau karang, yang terletak di bagian timur Australia.

Karena keindahan dan sangat perlu dilestarikan, Great barrier reef terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO, yang juga rumah bagi 1.500 jenis ikan tropis.

Great-Barrier-Reef

Selain keanekaragaman flora dan faunanya, tempat ini juga menjadi tujuan utama penyelam scuba dan tempat wisata alam terbaik di Australia.

  1. Plankton

Jika diamati baik-baik foto di atas, sekilas tampak seperti lukisan abstrak karya pelukis handal. Tetapi percayalah, itu adalah sekumpulan plankton yang berkumpul di satu tempat.

Plankton Blooms adalah salah satu fenomena umum dan menakjubkan di lautan, di mana konsentrasi tanaman mikroskopis yang tak terhitung jumlahnya yang disebut fitoplankton berada di permukaan laut.

Saking banyaknya, bahkan mereka dapat terlihat dari luar angkasa.

Plankton Blooms juga memainkan peran utama dalam mengubah karbon dioksida di alam menjadi oksigen. Selain itu, ia juga menjadi makanan bagi banyak ikan-ikan kecil maupun paus.

  1. Grand Canyon

Pastinya membutuhkan berhari-hari untuk menikmati keindahan setiap sudut Grand Canyon di Amerika. Untungnya, para astronot telah mengabadikan foto alam ini dari luar angkasa.

Grand-Canyon
image by airspacemag com

Gambar luar angkasa Grand Canyon juga membantu para ilmuwan untuk membuat peta permukaan dari sisi jurang yang curam, juga untuk memantau perubahan di dalamnya. (Ivan Runa)

Editor : Budi Sarmun