Komunitas Wonogiri Peduli ASI Dibentuk

kowpas-wonogiri
FOTO DIRI : Sekretaris KOWPAS, Mami Eva Novayani

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com -Komunitas Wonogiri Peduli ASI (KOWPAS) kini telah dibentuk. Komunitas tersebut didirikan untuk mendukung keberhasilan program pemberian ASI Eksklusif di Wonogiri.

Ketua KOWPAS, Ruslina Dwi Wahyuni, menuturkan organisasi itu resmi dibentuk pada Jumat (7/8). Selama kurang lebih sepekan dalam masa peringatan Pekan ASI Se-dunia 1-7 Agustus, personel KOWPAS melakukan komunikasi secara intens untuk membentuk komunitas.

“Kami membentuk KOWPAS sebagai bentuk kepedulian untuk ikut mendukung program pemerintah tentang Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan ASI Eksklusif. Harapannya, KOWPAS juga bisa ikut meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang IMD dan ASI Eksklusif,” ujar Lina.

Beberapa rencana program kerja organisasi itu antara lain edukasi kepada ibu hamil, edukasi kepada ibu menyusui dan edukasi kepada masyarakat umum.

Sekretaris KOWPAS Mami Eva Novayani menjelaskan, pihaknya ingin menjalin sinergi dengan tim penggerak PKK dari tingkat kabupaten sampai desa, jajaran Dinas Kesehatan, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, dan seluruh lapisan masyarakat.

“Target kami yaitu bisa mengedukasi ASI eksklusif kepada keluarga terdekat, kepada teman, tetangga dan masyarakat Wonogiri secara luas,” kata Eva.

Untuk sementara ini, edukasi akan dilakukan kepada keluarga terdekat dari masing-masing anggota, teman terdekat, dan tetangga melalui media online karena kondisi belum kondusif.

Personel pengurus KOWPAS untuk saat ini terdiri atas Setiya Widarti dan Makhda Intan Sanusi (Divisi SDM), Anggraini Puspita Sari (Divisi Hukum), Eka Yuni Purwanti dan Mutia Azizah (Divisi Edukasi) serta Nadhiroh (Divisi Komunikasi).

Bagi masyarakat yang berminat pihaknya mempersilahkan untuk bergabung dengan KOWPAS. Sekretariat organisasi tersebut di Jalan Cempaka, Pokoh, Wonogiri. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun