Ekspedisi Penting para Penjelajah yang Terlupakan

ekspedisi-penting-penjelajah
sumber gambar: newworldexploration com

DUNIA yang kita tahu sekarang ini tak lepas dari jasa penjelajah di masa lalu. Keberanian mereka untuk mengarungi lautan dan menemukan dunia baru, membuat manusia tersebar di segala penjuru.

Banyak ekspedisi yang telah dilakukan dan membuahkan hasil. Beberapa diantaranya tercatat dalam sejarah dan begitu dikenal, sedangkan sebagian lain malah hampir terlupakan.

Lalu, ekspedisi penting apa saja yang dilakukan para penjelajah di masa lalu yang hampir terlupakan? Berikut daftarnya!

Ekspedisi Lintas Benua Alexander MacKenzie
Penjelajah hebat Alexander MacKenzie, merupakan tokoh yang terkenal di Kanada dan Skotlandia, tapi sayangnya ia tidak mendapat pengakuan yang selayaknya ia dapatkan.

Pada 1804, setelah Pembelian Louisiana, Kapten Meriwether Lewis dan Letnan Dua William Clark memulai ekspedisi untuk menjelajahi wilayah Amerika baru, klaim Pasifik Barat laut untuk AS, dan mencapai Samudra Pasifik. Mereka menyelesaikan perjalanan lintas benua mereka pada 1806.

Tetapi sebenarnya, Alexander MacKenzie telah melakukan hal yang sama lebih dari sepuluh tahun sebelumnya. Pada 1793, MacKenzie menjadi orang Eropa pertama yang melintasi Amerika Utara. Dia bisa melakukannya lebih cepat andaikata perjalanan pertamanya berhasil.

MacKenzie awalnya berangkat ke Samudra Pasifik pada 1789 dengan mengikuti sungai terbesar di Kanada. Ia berharap bahwa sungai akan mengalir ke Pasifik, tetapi sungai itu sebenarnya mengalir ke utara menuju Samudra Arktik. Meskipun perjalanan itu gagal, namun sungai tersebut sekarang dinamai MacKenzie untuk menghormatinya.

Perjalanan selanjutnya berjalan lebih mulus. Pada 1792, MacKenzie berangkat dari Fort Chipewyan di Alberta dan mengikuti Peace River menuju Pegunungan Rocky. Setelah melintasi Great Divide, ia mengikuti Sungai Bella Coola dan mencapai Pantai Pasifik. Di sana, ia melukis pesan sederhana di permukaan batu yang berbunyi: “Alex MacKenzie from Canada by land 22d July 1793.”

Ekspedisi Amerika Utara oleh George Vancouver
George Vancouver adalah seorang navigator Inggris abad ke-18 yang melakukan salah satu survei terpanjang dan tersulit dalam sejarah. Terutama, memetakan Pantai Pasifik Amerika Utara.

Baca : Himbauan Perjalanan Khusus Maskapai Penerbangan Lion Air

Ekspedisi Vancouver berawal pada 1791. Sebelum mencapai Amerika Utara, ia menelusuri garis pantai di Australia, Selandia Baru, Tenerife, dan Cape Town.

Vancouver memasuki daratan Amerika Utara melalui Selat Juan de Fuca, di dekat kota yang sekarang dikenal sama dengan namanya.

Ia berhasil menamai banyak landmark geografis di sana, seperti Gunung St. Helens, Gunung Hood, Gunung Rainier, dan Gunung Baker yang semuanya dinamai berdasarkan nama perwira Inggris yang juga merupakan teman Vancouver.

Nobu Shirase, Penjelajah Antartika
Antartika merupakan salah satu daerah keras yang sulit untuk dijelajah. Salah satu kesulitannya ialah karena suhu yang dingin dan perjalanan yang terhalang oleh bongkahan-bongkahan es.

Banyak penjelajah dari berbagai bangsa pada masa itu berlomba-lomba untuk menjelajah antartika, terutama bangsa Eropa.

Baca : Mudahnya Berkebun dengan Aplikasi Smart Garden

Pada tahun 1910, Jepang menyelenggarakan ekspedisi non-Eropa pertama ke benua itu. Ekspedisi ini dipimpin oleh Nobu Shirase, seorang letnan tentara Jepang.

Namun, rencana Nobu dipandang skeptis oleh publik Jepang, dan Shirase merasa sulit untuk mendapatkan dukungan yang dia butuhkan.

Tapi pada akhirnya ekspedisi tetap berjalan. Pada tanggal 1 Desember 1910, ia meninggalkan Tokyo dengan kapal kecil berukuran 30 meter, jauh dari keramaian.

Upaya pertama Nobu terhalang oleh cuaca buruk. Dia terpaksa kembali dan pergi ke Australia untuk perbaikan kapal, sementara dia terus mengumpulkan dana lebih banyak dari Jepang.

Baca : Makanan Cepat Saji Mulai Diproduksi untuk Masyarakat Umum

Di Sydney, ekspedisi ini tidak disambut baik oleh masyarakat sekitar, karena Nobu dan kru-nya dianggap sebagai mata-mata. Tak lama kemudian, opini publik pun mulai bergeser, saat Sir Edgeworth David turun tangan dan mendukung ekspedisi yang dilakukan Nobu.

Ekspedisi pun berlanjut, dan menobatkan Nobu Shirase sebagai orang pertama yang menjelajahi King Edward VII Land, sebuah semenanjung di Rak Es Ross Antartika. Meski bukan ia penemunya, namun Nobu adalah orang pertama yang menginjakkan kaki di daratan tersebut. Bahkan, pantai barat wilayah tersebut dinamai Pantai Shirase untuk menghormatinya.

Itulah beberapa ekspedisi besar yang berpengaruh pada kehidupan masa kini, namun namanya tidak begitu dikenal. (Ivan)

Baca : Apa Saja Peralatan Pendukung Aquarium Beserta Fungsinya

Editor : Budi Sarmun