TNI Dukung Warga Budidaya Pisang Cavendish di Boyolali

bibit-pisang-cavendish-boyolali
SEMAI BIBIT: TNI, Polri dan perwakilan warga secara simbolis menyemaikan bibit pisang Cavendish dalan kantong plastik. (suaramerdekasolo.com/dok)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Koramil Andong bersama warga dan Karang Taruna Dukuh Jenggotan, Desa Pranggong, Kecamatan Andong membudidayakan pisang Cavendish. Pisang tersebut memiliki nilai ekonomis tinggi di pasar internasional.

Selain rasanya enak dan manis, pisang ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh, serta baik untuk makanan diet. Pisang cavendish memiliki warna kulit kuning halus dan merata, serta ukuran yang cukup besar yakni dengan panjang sekitar 15-25 cm.

Kondisi inilah yang ditangkap Pemerintah Desa Pranggong dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Andong dengan memfasilitasi pemuda Karang Taruna Dukuh Jenggotan untuk membudidayakan pisang tersebut.

Penanaman pisang cavendish ini nantinya akan menggunakan lahan seluas kurang lebih 4 hektare yang merupakan lahan kas Pemerintah Desa Pranggong. Bibit pisang yang akan ditanam sebanyak 1.000 batang.

Kades Pranggong, Wagimin mengaku optimis dengan program yang akan dijalankan oleh Karang Taruna di desanya. Apalagi, budidaya tersebut juga mendapatkan dukungan langsung jajaran Koramil dan Polsek Andong.

“Saya optimis budidaya  pisang Cavendish bisa maju, apalagi sekarang peminatnya makin banyak. Distribusinya juga masih sebatas di took-toko modern seperti minimarket. Di pasar tradisional masih sangat jarang ada,” katanya. 

Danramil 15 Andong Kapten Inf Budianto bersama Babinsa dan Polsek Andong berjanji akan terus mendukung usaha Pemdes Pranggong. Utamanya untuk memfasilitasi para pemuda dalam setiap kegiatan positif. 

“Ini upaya yang bagus, Saya dan para Babinsa yang ada diwilayah akan selalu mendukung kegiatan warga yang positif, termasuk budidaya pisang Cavendish. Mudah- mudahan upaya ini bisa sukses dan menambah keajuan serta kemakmuran warga setempat.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun