KKN UNS Era Pandemi dengan Bimbingan Belajar Online dan Edukasi tentang Covid-19

kkn-uns
FOTO/DOK

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Saat ini Indonesia tengah dilanda wabah Covid-19, yang mana wabah ini berdampak bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan KKN UNS Relawan Tanggap Covid-19. Mahasiswa prodi Pendidikan Fisika, Nawar Martanti menjadi salah satu pelaksana KKN UNS yang dilaksanakan di Wonorejo RT 03 RW 15 Bejen Karanganyar.

KKN (Kerja Kuliah Nyata) Covid-19 ini dilaksanakan secara individu di lingkungan masing-masing mulai dari tanggal 1 Mei sampai 19 Juni 2020. Selama KKN, Nawar mengadakan bimbingan belajar online dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Covid-19, kedua hal tersebut merupakan program kerja KKN yang dijalankan oleh Nawar.

“Dalam KKN ini tema yang saya ambil adalah Pendidikan. Saya mengambil tema ini karena sesuai dengan background saya yang merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, sehingga konsentrasi saya lebih ke pendidikan,” terang Nawar

Diperkuat dengan keadaan saat ini yang mana pembelajaran di sekolah dilaksanakan secara daring, dan selama keberlangsungan pembelajaran daring tersebut saya melihat sebagian anak-anak tidak memperoleh pendampingan yang maksimal. Sehingga saya ingin memberikan pendampingan belajar tambahan.

Selain itu saya juga memberikan edukasi kepada warga sekitar mengenai Covid-19,” ujar Nawar selaku pelaksana program KKN di bawah bimbingan Bapak Dr. Sutanto, S.Si., DEA.

Nawar mengadakan bimbingan belajar melalui grup Whatsapp yang dikelompokkan menjadi dua, yaitu SD dan SMP, serta melalui media Facebook dan Youtube.

Untuk program kerja edukasi masyarakat mengenai Covid-19, Nawar memberikan edukasi door-to-door berkaitan dengan pencegahan Covid-19 dan protokol kesehatan, sekaligus melakukan pembagian hand sanitizer dan disinfektan yang merupakan hasil buatan Nawar sendiri.

“Dengan adanya KKN ini, saya mewakili warga disini mengucapkan terima kasih, karena kami merasa terbantu dengan program-program yang telah dijalankan, baik yang bimbingan belajar maupun yang edukasi Covid-19, termasuk juga pembagian hand sanitizer, masker, dan lain-lain. Dengan adanya edukasi Covid-19, warga menjadi lebih paham tentang Covid-19 dan membuat warga lebih mematuhi protokol kesehatan saat berkegiatan di luar,” ujar Supardi selaku ketua RT 03 RW 15 Dusun Wonorejo Bejen (19/06/2020).

Nawar juga melakukan edukasi melalui akun instagram, berupa poster maupun video. Dan ada kegiatan lainnya, seperti penyemprotan disinfektan, membuat tutorial pembuatan hand sanitizer dan mengajarkan cara mencuci tangan yang benar.

Melalui kegiatan tersebut Nawar berharap semoga apa yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakatdi sekitarnya. (*)

Editor : Budi Sarmun