Perangi HOAX, #relawanonlinecorona Sebarkan Informasi COVID-19 Secara Online

relawanonlinecorona

SOLO,suaramerdekasolo.com – Gerakan yang bertajuk #relawanonlinecorona (akun Instagram @relawanonlinecorona) ini diinisiasi oleh Gilang Teguh Pratama, S.Ked.

Bergerak dengan cara menyebarkan informasi kesehatan mengenai COVID-19 secara online di berbagai media sosial terutama grup Whatsapp keluarga yang sering dipenuhi dengan berita hoaks.

“Informasi yang akan disebarkan akan dikemas secara awam agar dipahami masyarakat luas,” terang Aisha Variella, mahasiswa kedokteran di FK UNS, sebagai pengurus Relawan Online Corona, Kamis (16/4).

Dijelaskan gerakan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hoaks yang beredar di situasi pandemi corona ini. Sekligus banyaknya warga yang ingin ikut berpartisipasi dalam menanggulangi corona akan tetapi tidak memiliki kapabilitas untuk membantu di lapangan ataupun tidak tahu harus berbuat apa di situasi ini.

“Harapannya dengan tetap #dirumahaja tetap bisa memberikan kontribusi untuk membantu menanggulangi pandemi ini dengan cara yang sederhana seperti saling membagikan informasi,” terangnya.

Aisha menjelaskan, gerakan #relawanonlinecorona sendiri sudah bekerjasama dengan IDI, JDN, dan ISMKI, serta telah memiliki 1.500 relawan.(*)

Editor : Budi Sarmun