Lawan Corona, SOIna Bangun Fasilitas Cuci Tangan

SOIna-Kota-Surakarta
CUCI TANGAN : Sejumah orang cuci tangan di tempat cuci tangan yang dibangun SOIna Kota Surakarta, Senin (30/3). (suaramerdekasolo.com/Vladimir Langgeng)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Ada cara berbeda yang dilakukan Special Olympics Indonesia (SOIna) dalam mendukung Pemerintah Kota Surakarta memerangi corona virus disease (covid-19).

Lembaga itu membangun sarana atau fasilitas cuci tangan representatif dengan sepuluh kran yang dilengkapi hand soap di dekat pintu masuk Pasar Jongke Solo. Semula tempat di pinggir Jalan Rajiman itu kumuh dan tidak sehat.

“Kalau membagikan masker atau hand sanitaser, sudah dilakukan banyak orang. Lagi pula kalau masker sudah tidak terpakai atau cairan hand soap sudah habis akan dibuang, tapi kalau fasilitas ini bisa dipakai cuci tangan selamanya. Bahkan kalau virus korona sudah tidak ada lagi, bisa untuk menjaga kebersihan tubuh,” kata Siti Muslikah, pendiri sekaligus bendahara SOIna Kota Surakarta, Senin (30/3).

Dari pantauan di lapangan, tempat atau fasilitas cuci tangan itu tidak pernah sepi. Banyak orang yang memanfaatkan tempat itu untuk membersihkan tangan, kaki, atau anggota badan lainnya. Terutama para pedagang dan orang-orang berbelanja di pasar maupun masyarakat setempat.

“Kami akan menyerahkan fasilitas cuci tangan ini ke pemerintah kota, untuk pengelolaan dan pemeliharaan selanjutnya,” kata Ika, begitu dia akrab disapa.

Untuk membuat atau membangun fasilitas cuci tangan itu dibutuhkan kerja keras dan dana yang dinilai cukup lumayan.

SOIna tidak hanya membeli kran dan menyediakan hand soap, tapi juga membangun tempat representatif, menyediakan bak penampung air sekaligus pompa airnya.

Lantaran banyak memberi manfaat, pihak SOIna Kota Surakarta berupaya akan membangun fasilitas serupa di lain tempat. Saat ini lembaga itu masih mencari lokasi yang tepat.

“Semoga apa yang kami lakukan bisa memberi inspirasi pada masyarakat lainnya untuk melakukan hal yang sama dalam rangka melawan covid-19,” kata dokter Halida, pendiri sekaligus ketua umum SOIna Kota Surakarta.(Vladimir Langgeng)

Editor : Budi Sarmun