Berstatus KLB, Wisata Keraton Solo Ditutup

keraton-surakarta-solo
FOTO/DOK

SOLO, suaramerdekasolo.com– Dampak pandemi virus corona dan status Kota Solo menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), berimbas di Keraton Surakarta. Pengelola Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat secara resmi menutup tempat wisatanya hingga batas waktu yang belum ditentukan.

”Pengumuman penutupan wisata Keraton Surakarta sudah disebarluaskan ke masyarakat lewat grup whatsapp dan menempelkannya ke lokasi wisata sejarah,” kata Pengageng Parentah Keraton Surakarta KGPH Dipokusumo, Senin (16/3).

Penutupan Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai tempat wisata, lanjutnya, bertujuan mengantisipasi penyebaran virus corona. Hal ini merupakan kebijakan dari S.I.S.K.S Pakubuwono XIII.

Dipokusumo yang akrab disapa Gusti Dipo menambahkan, penutupan tempat wisata seiring dengan surat edaran (SE) Wali Kota Surakarta tentang pencegahan virus corona dengan menutup sementara tempat wisata di Kota Solo.

”Kami akan memberitahu masyarakat jika kondisi Solo dari KLB corona mereda dan wisatawan bisa menikmati wisata di Keraton Surakarta setelah tempat wisata dibuka kembali,” tandas Pengageng Parentah Keraton Surakarta tersebut, Senin (16/3). (Sri Hartanto)