Rp 6,5 Miliar untuk Membangun Akses Wisata Pantai

pantai-sembukan-wonogiri1
PANTAI SEMBUKAN : Pantai Sembukan kini menjadi salah satu andalan wisata di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Pemkab Wonogiri tahun ini akan mengalokasikan dana sebesar Rp 6,5 miliar untuk membangun akses jalan menuju obyek-obyek wisata pantai di Kecamatan Paranggupito. Hal itu untuk menunjang pengembangan wisata pantai Paranggupito.

Camat Paranggupito Sulistyani mengatakan, harapannya ke depan akan ada jalan penghubung antarpantai di kecamatan tersebut. “Nanti akan ada Rp 6,5 miliar untuk membangun akses ke pantai,” katanya, baru-baru ini.

Dia mengungkapkan, Kecamatan Paranggupito mempunyai 12 pantai. Namun, baru beberapa pantai yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Adapun sebagian lainnya masih tersembunyi atau belum banyak dikunjungi.

“Yang sudah terkenal itu Pantai Nampu dan Pantai Sembukan. Ada juga Pantai Klotok dan Pantai Waru. Tapi yang belum banyak dikunjungi masih banyak, seperti Pantai Dadapan, Nglojok, Kalimirah dan Karangpayung. Padahal, pantainya bagus-bagus,” ujarnya.

Dengan dibangunnya akses jalan menuju pantai, dia berharap wisata pantai Paranggupito semakin populer. Selain itu, perekonomian masyarakat juga meningkat.

pantai-sembukan-wonogiri2

Di sisi lain, pihaknya berencana membuat pusat informasi wisata dan rest area Paranggupito. “Nanti tempatnya di bekas kantor Desa Paranggupito, sedangkan kantor desanya rencananya akan dipindah ke selatan,” terangnya.

Beberapa acara juga dirintis oleh masyarakat Paranggupito. Salah satunya dengan menggelar Pasar Pelangi dari depan kantor Kecamatan Paranggupito ke arah selatan sepanjang 300 meter. Pasar yang dibuka setiap Minggu pagi itu menyajikan berbagai jajanan tradisional dan khas paranggupito.

“Itu dapat mengangkat wisata pantai sekaligus mengembangkan produk-produk UMKM Paranggupito,” katanya. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun