Batman Ajak Siswa Gemar Minum Jamu

kampanye-minum-jamu2
POSITIF : Superhero mendongeng dan membagikan minuman jamu kepada siswa SDN III Karanganyar, saat kegiatan jeda semester di sekolah tersebut, Rabu (11/3). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – “Jamu itu menyehatkan, menguatkan daya tahan tubuh. Siapa yang suka minum jamu? Kalau suka minum jamu, badan akan sehat”.

Ucapan itu disampaikan Batman di hadapan ratusan siswa SDN III Karanganyar, Rabu (11/3). Didampingi Gundala, Superman dan Spiderman, Batman mengajak anak-anak untuk menerapkan pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

“Virus corona itu, juga bisa ditangkal jika badan sehat. Minum jamu, badan sehat,” ujar Batman, yang diperankan oleh Agus Widanarko dari Komunitas Superhero Save Children.

Tak hanya bicara jamu, empat superhero itu juga mengajak siswa untuk gemar membaca buku dan kegiatan positif lainnya.

“Jangan kebanyakan membuka ponsel. Terlalu lama melihat ponsel, bisa sakit mata. Lebih baik membaca buku,” lanjut Batman.

Untuk memeriahkan suasana, empat superhero juga mengajak siswa bermain tebak-tebakan, hingga mendongeng beberapa kisah yang mengandung pelajaran budi pekerti.

Tak lupa pula, karena salah satu materi yang disampaikan adalah ajakan mengonsumsi jamu, Batman cs juga bagi-bagi minuman jamu pada siswa. “Enak, suegerrrr. Badan jadi sehattt,” ujar Bagas, siswa kelas VI yang kebagian segelas jamu.

Kemeriahan tersebut adalah kegiatan siswa untuk mengisi jeda untuk mengikuti penilaian tengah semester. Pihak sekolah sengaja mendatangkan Komunitas Superhero Save Children, agar siswa terhibur lewat berbagai dongeng yang disampaikan.

kampanye-minum-jamu1

“Ini sekaligus upaya melestarikan tradisi dongeng, dengan harapan bisa membentuk karakter positif pada anak melalui cerita yang disampaikan. Kegiatan seperti ini baru pertama kali diadakan. Dan anak-anak terhibur,” kata Kepala SDN III Karanganyar Mardiyatmoko.

Agus Widanarko dari Komunitas Superhero Save Children mengatakan, pihaknya intensif mengkampanyekan budaya hidup sehat dan mengajak anak-anak untuk berkegiatan positif lewat berbagai acara.

“Seperti di SDN III Karanganyar ini, kami menyosialisasikan tradisi minum jamu untuk menjaga kesehatan tubuh. Sekarang kan lagi ramai isu corona. Kami ajak siswa minum jamu, agar badan sehat. Agar daya tahan tubuh meningkat, berbagai penyakit bisa diantisipasi,” tuturnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun