Tips Manjur Konsumis Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes

konsumsi-nasi-bagi-penderita-diabetes
FOTO ILUSTRASI

POLA hidup yang serba instan, gaya hidup yang semakin buruk menyebabkan jumlah penderita diabetes di Indonesia, terus mengalami peningkatan.

Dikutip dari vivanews.com, Ahli Gizi Klinis, dr. Cindiawaty Josito, MARS, MS, SpGK mengatakan, risiko penyakit diabetes dari faktor kegemukan atau obesitas cukup tinggi

“Risiko diabetes disebabkan oleh obesitas. Ini dipicu dengan pola makan yang tinggi gula, atau karbohidrat sederhana yang terlalu banyak porsinya. Ditambah, porsi nasi putih yang menumpuk, tanpa adanya protein ditutup dengan minuman teh manis yang gulanya juga berbahaya untuk tubuh,” ujar Cindiawaty Josito.

Nah, salah satu penyumbang terbesar meningkatnya jumlah penderita penyakit gula ini adalah konsumsi nasi putih yang terlalu banyak. Menurut Kepala pengembangan layanan analisis pangan, Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Didah Nur apalagi konsumsinya jika nasinya pulen.

“Indeks glikemiknya sangat tinggi, bisa mencapai angka 70,” ujarnya.

Nah guna menghindari intaian penyakit gula ini perlu ada pencegahan, tetapi tanpa meninggalkan konsumsi nasi putih.
Nah, nasi yang dikonsumsi ini harus di olah secara khusus.

Berikut ini penjelasanya : Para penderita diabetes harus memperhatikan betul pola makan dan jenis asupan setiap hari. Jika tidak, kadar gula darah dalam tubuh Anda akan melonjak tinggi. Jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi berbahaya. Seperti penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, serta gangguan pada mata, ginjal, dan saraf.
Artinya, jika Anda mengonsumsi nasi putih, kadar gula darah dapat melonjak dengan cepat dan menurun dengan cepat pula. Ketidakstabilan gula darah ini tentu kurang baik pada penderita diabetes.

Cara aman mengolah nasi
Meski begitu, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsi nasi. Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan agar nasi bisa aman dikonsumsi dan terhindar dari diabetes. Beberapa di antaranya adalah:

Menjaga porsi
Jika memang sudah terbiasa, Anda dapat mengakalinya dengan mengurangi porsi nasi putih yang dikonsumsi. Sebagai contoh, jika biasanya Anda mengonsumsi satu piring penuh nasi putih, coba kurangi porsinya menjadi tiga perempat selama beberapa hari.

Setelah beberapa hari, kurangi lagi porsinya menjadi setengah piring. Semakin lama Anda akan terbiasa mengonsumsi sedikit nasi dan memperbanyak lauk seperti protein, sayur dan buah. Gula darah pun akan terkontrol.

Hindari menggoreng nasi
Penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi lemak tersaturasi, yaitu pada makanan gorengan dan cepat saji. Nasi goreng juga mengandung makanan lemak tersaturasi, apalagi jika ditambahkan lauk, seperti telur, ayam goreng, dan sosis goreng.

Mengonsumsi makanan lemak tersaturasi dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan risiko komplikasi pada penderita diabetes.

Sumber : vivanews.com dan klikdokter.com

Editor : Budi Sarmun