Ajarkan Peduli Lingkungan Sejak Dini

nining-sholikhah
FOTO DIRI : Nining Sholikhah SE, MSi (suarmerdekasolo.com/dok)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Mengajak anak-anak usia dini untuk cinta lingkungan, bagi Nining Sholikhah SE, MSi adalah keharusan.

Karena itulah, sejak awal mendirikan Kelompok Bermain (KB) Bocah Pintar pada 2013, program peduli lingkungan menjadi kurikulum yang diterapkan dalam proses pembelajaran hingga kini.

“Alasan utama kenapa peduli lingkungan kami ajarkan pada anak-anak usia dini, karena sekarang kan sudah terjadi pemanasan global. Dan itu terjadi karena manusia juga, yang kurang peduli lingkungan. Buang sampah sembarangan, berlebihan dalam memakai plastik, dan sebagainya,” tuturnya.

Menurutnya, usia dini adalah usia emas, di mana anak-anak memiliki kemampuan merekam, menirukan dan belajar yang sangat baik. “Ketika anak-anak difasilitasi untuk peduli lingkungan sejak dini, maka kelak ketika dewasa mereka akan menjadi pribadi yang berkarakter peduli dan cinta lingkungan,” katanya.

Penerapan kurikulum peduli lingkungan yang dilakukan di KB Bocah Pintar bentukannya, beragam. Mulai dari sekadar menyiram tanaman atau memberi makan ikan peliharaan di sekolah, mengisi biopori, hingga mengajak anak-anak untuk berinfak sampah berupa kertas atau plastik bekas.

“Orang tua juga dilibatkan, lewat Program Amal Sampah, di mana orang tua bisa berdonasi sampah berupa kertas, kardus, plastik kering, koran bekas hingga minyak jelantah. Lingkungan tempat siswa belajar juga diciptakan ramah lingkungan, dengan adanya biopori, biogas hingga tangki komposter,” ujarnya.

Banyak suka duka yang dialaminya, dalam usahanya membiasakan anak-anak cinta lingkungan. “Sukanya, ketika melihat anak-anak semangat, belajar sesuatu yang baru dan ceria saat menjalani proses belajar,” katanya.

Dukanya, karena referensi program peduli lingkungan untuk anak usia dini ini masih minim.

“Tapi, tapi di situlah tantangannya. Saya, juga pengajar di KB, jadi harus terus belajar agar program peduli lingkungan ini berjalan dengan baik. Karena kami yakin, program ini akan membawa kebaikan di masa mendatang,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun