Es Krim Sirup Secang Varian Baru Karya Mahasiswi KKN UNDIP

es-krim-secang
ES KRIM SECANG - Ailsa Azaria Laksita dan Fitrianti (kiri) menunjukkan buku yang disusun mengenai tata cara membuat es krim sirup secang varian baru untuk dipasarkan di Desa Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Demak.(suaramerdekasolo.com/dok).

TIM I KKN Undip Tahun 2020 memberikan pelatihan pembuatan es krim dan sirup wedang secang kepada pelaku UMKM di Desa Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Diantara mereka yang dilatih mahasiswa KKN untuk membuat sirup wedang secang varian baru serta es krim secang varian baru adalah Fitrianti Harum Gumilang (39) pelaku usaha UMKM warga Jl.Sakura RT 08 RW 01 Desa Kedungwaru Lor, Karanganyar Demak.

”Pelatihan pembuatan sirup varian baru dan es krim dari secang itu sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat,” tutur Ailsa Azaria Laksita saat dimintai konfirmasi, kemarin. Sebab produk Fitrianti dengan label ”HARUM” diharapkan bisa dijual dan dikonsumsi masyarakat. Produk yang dibuat ada es krim maupun sirup wedang secang yang menyehatkan, karena tanpa bahan pengawet.

Usaha sirup wedang Secang Harum milik keluarga Fitrianti sebenarnya sudah berdiri sejak Tahun 2014 lalu. Sirup wedang secang ini terbuat dari berbagai macam rempah alamai seperti secang, kayu manis, serai, jahe, cengkeh yang dicampur dengan air dan gula melalui proses perebusan.

Untuk Kesehatan

Setelah kedatangan Ailsa Azaria Laksita yang melakukan KKN di rumah keluarga Fitrianti kemudian menumbuhkan inovasi baru, yakni membuat sirup secang varian baru dan es krim. Diharapkan makanan itu bisa laris. Karena selama ini keluarga Fitrianti hanya menyuguhkan sirup wedang secang dan makanan kecil.
Dengan adanya es krim dan sirup secang varian baru, khalayak bisa tertarik mencicipi minuman sehat itu. Sirup itu bisa dikonsumsi sebagai minuman yang berkhasiat untuk kesehatan.

”Penyajian minuman sirup secang varian baru dapat diseduh dengan air hangat maupun dingin,” tutur Ailsa Azaria Laksita, mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Undip.

Inovasi membuat es krim dari sirup secang ini adalah murni dilakukan untuk membantu usaha Fitrianti.

Harapannnya usahanya sirup wedang secang dan es krim dari secang, bisa dikenal masyarakat sekitarnya. ”Rasa secang yang kental akan herbal menjadikan sirup ini kurang digemari anak-anak. Sehingga muncul ide dari Tim I KKN Undip di Desa Kedungwaru Lor, Desa Karanganyar, Demak untuk memanfaatkan sirup wedang secang itu. Adanya produk baru, es krim dari sirup secang, akan lebih digemari masyarakat.

Diharapkan sirup wedang secang yang baru lebih digemari dan dikenal, bukan hanya karena rasa yang identik herbal. Namun juga karena warna merah alami yang cantik dan memiliki varian baru, termasuk juga salah satunya adalah es krim.(Anindita AN)

Editor : Budi Sarmun