Forum Lingkar Pena Jaring Calon-Calon Penulis Muda

Dihargai

Sekitar 50 peserta hadir di Auditorium Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Minggu (2/2). Tak hanya remaja atau anak muda saja yang hadir, dari anak-anak hingga orang tua juga terlihat menghiasi kursi-kursi yang ada.

seminar-flp-ums2

Lenang Manggala sebagai pembicara pertama mengingatkan peserta untuk mau terus belajar, miliki ilmu, dan berkarya. Orang dihargai oleh karena orang itu berkarya. Menurutnya, berkarya itu tidak hanya membuat sesuatu tetapi juga menggunakan, menemukan, menghilangkan, dan menilai.

Ia memberi contoh seorang manajer berkarya dengan mengatur, aktivis berkarya dengan menghilangkan ketidakadilan, dan seseorang yang berkarya dengan menggunakan pemanfaatan berbagai teknologi yang ada misalnya untuk bisnis.
Ada sebuah rumus yang dibagikan Lenang dalam seminarnya, yaitu belajar dan berkarya akan melahirkan hidup yang lebih baik.

“Karena dengan mau belajar kita bertumbuh dan dengan berkarya kita berkontribusi.” tuturnya. Melalui belajar dan berkontribusi, sejatinya manusia dapat bermanfaat dan memberikan sedekah jariah melaui karya yang bisa megajak pada kebaikan. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto