6 Penemuan Misterius yang Masih Menjadi Teka-Teki

penemuan-misterius-dunia
FOTO/DOK

BUMI ini menyimpan banyak misteri, selama beberapa peradaban manusia, selalu tercipta hal baru yang menjadi terobosan dan bermanfaat di era-nya.

Di masa kini, manusia bertanya-tanya tentang bagaimana peradaban di masa lalu dan peninggalan-peninggalan apa saja yang “exist” di era-nya. Sehingga, banyak penggalian-penggalian dilakukan oleh para peneliti untuk mengetahui jejak-jejak di masa lalu dengan jelas. Dengan harapan, peradaban di masa kini dapat belajar sesuatu dari kearifan di masa lampau.

Meskipun teknologi sudah canggih di era modern ini, namun masih banyak penemuan-penemuan yang masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah, baik bahan baku pembuatan, cara, kegunaan, maupun tujuan pembuatan dari penemuan tersebut.

Berikut adalah 6 penemuan misterius yang masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Reruntuhan Atlit Yam

Reruntuhan-Atlit-Yam
FOTO/dok

Penemuan yang pertama adalah Ruins of Atlit Yam. Ruins of Atlit Yam adalah sebuah desa neolitik kuno yang terendam sepenuhnya oleh air. Situs ini ditemukan pada 1984 di lepas pantai Israel.

Struktur dari reruntuhan ini sebagian besar masih tetap terjaga, bahkan ditemukan juga kerangka seorang ibu dan anak. Keduanya diperkirakan meninggal karena TBC.

Yang masih menjadi misteri adalah bagaimana situs ini bisa terendam di air. Beberapa pendapat mengatakan bahwa Atlit Yam terendam karena tsunami yang dipicu oleh meletusnya gunung berapi Etna.

Ubaid Lizardmen

Ubaid-Lizardmen
FOTO/DOK

Kebudayaan Ubadian hidup di Mesopotamia prasejarah sekitar 4.000 tahun SM. Mereka bisa dibilang relatif lebih maju dibanding kebudayaan lain pada zamannya.

Dari artefak-artefak yang ditemukan, salah satunya adalah “Ubaid Lizardmen”. Ubaid Lizardmen adalah semacam patung yang terlihat hampir mirip kadal.

Apa kegunaan atau tujuan dibuatnya patung ini masih membingungkan para arkeolog. Ada yang berpendapat bahwa artefak ini mewakili dewa-dewa mereka, namun hal itu telah disanggah oleh arkeolog. Para arkeolog berpendapat bahwa patung ini posturnya berbeda dari artefak ritualistik biasa.

Batu Misterius dari Danau Winnipesaukee

Batu-Misterius-Danau-Winnipesaukee
FOTO/DOK

Batu misterius ini ditemukan pada tahun 1872 oleh pekerja konstruksi yang disewa oleh Seneca A. Ladd. Batu ini memiliki bentuk seperti telur dengan ukiran berbagai simbol. Ukurannya sekitar 4 inci untuk panjangnya dan 2,5 inci ketebalannya, berwarna gelap.

Sampai saat ini, penemuan batu misterius ini masih membingungkan, tidak ada yang bisa memecahkan misteri dibaliknya, maupun mengetahui dari mana batu ini berasal.

Ada yang berpendapat bahwa batu tersebut merupakan peringatan perjanjian antara dua suku. Pendapat lain menyimpulkan bahwa lubang-lubang yang terdapat pada batu, seperti hasil bor dari abad ke-19 atau 20. Namun, fakta dibalik batu ini masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Meskipun penemuan-penemuan yang berbentuk telur lazim ditemukan di seluruh dunia, namun Batu Misterius dari Danau Winnipesaukee ini yang pertama di Amerika Utara.

Pedang Bangsa Viking “Ulfberht”

Pedang-Bangsa-Viking-Ulfberht
FOTO/DOK

Pedang ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 800 sampai 1.000 masehi. Penemuan pedang ini berjumlah 170 sampai dengan saat ini, semuanya bertuliskan “Ulfberht”.

Yang membuat pedang ini luar biasa adalah bagaimana keahlian bangsa Viking menciptakan pedang dengan kemurnian logam dan struktur yang luar biasa untuk zaman tersebut. Karena, teknik memurnikan logam seperti itu belum ditemukan hingga era Revolusi Industri.

Selain itu, untuk menempa pedang seperti ini diperlukan bijih besi yang dipanaskan hingga 1600 derajat Celcius. Sehingga, para peneliti masih bertanya-tanya tentang bagaimana cara pembuatan pedang dengan kualitas sebaik “Ulfberht” ini pada masa itu.

Kerangka Atacama

Kerangka-Atacama
FOTO/DOK

Para peneliti menemukan kerangka kecil yang aneh dan tampak mirip manusia di Gurun Atacama pada tahun 2003. Kerangka tersebut hanya memiliki panjang 15 cm, sehingga banyak yang meyakini bahwa penemuan tersebut merupakan sebuah janin, bahkan ada yang berpendapat itu adalah makhluk luar angkasa.

Namun, kebenaran mulai terungkap setelah dilakukan tes DNA. Kerangka tersebut adalah murni kerangka manusia. Namun yang jadi pertanyaan, seberapa kecil manusia tersebut? Padahal kerangka tersebut diperkirakan dimiliki oleh orang berusia 6 sampai 8 tahun.

Belum ada yang mengetahui secara pasti bagaimana kondisi fisik manusia tersebut selama hidup.

Awalnya, kerangka tersebut dianggap sudah berumur ratusan tahun, namun nyatanya analisis pada 2012 menyimpulkan bahwa kerangka ini masih berusia 40 tahun, sehingga bisa dilakukan tes DNA.

Codex Gigas

Codex-Gigas
FOTO/DOK

Penemuan yang masih menjadi misteri terakhir adalah Codex Gigas. Manuskrip kuno ini benar-benar besar dan isinya bertuliskan bahasa latin serta dokumen-dokumen. Banyak yang menganggap Codex Gigas ini sebagai “kitab suci iblis”.

Manuskrip ini ditemukan pada tahun 1648, setelah tentara Swedia melakukan penjarahan di kota Praha. Namun, kitab ini dipercaya sudah ada sejak abad ke-13.

National Geographic bersama pada pakar naskah kuno pernah meneliti manuskrip abad pertengahan ini, mereka menyimpulkan bahwa naskah ini ditulis hanya oleh satu orang saja.

Itulah 6 penemuan misterius yang belum bisa dijelaskan secara ilmiah dan masih menjadi teka-teki. Semoga menambah wawasan Anda! (Ivan Runa)

Editor : Budi Sarmun