8 Langkah Sederhana Untuk Memerangi Perubahan Iklim

planet-merkurius

PARA ilmuwan meyakini bahwa bumi yang kita pijak ini telah ada sejak 4,5 miliar tahun yang lalu. Planet ketiga dari matahari ini adalah satu-satunya objek astronomi yang diketahui memiliki kehidupan cerdas. Namun, seiring berjalannya waktu keberadaan bumi mulai terancam oleh aktivitas manusia itu sendiri.

Menjelang pertengahan abad ke-20, bumi mulai merasakan efek negatif dari aktivitas manusia. Iklim bumi telah berubah pada tingkat yang mengkhawatirkan selama satu abad terakhir. Efek negatif dari pemanasan global akan menghancurkan kehidupan dan kemakmuran manusia. Oleh karena itu, kita harus mengubah cara kita menjalani hidup untuk memerangi perubahan iklim ini.

Apakah memerangi perubahan iklim terdengar mustahil? Jawabannya adalah “Tidak”. Anda bisa mengubah rutinitas harian Anda yang akan menghasilkan efek positif pada atmosfer bumi. Jika semua orang bersama untuk membuat perubahan, seluruh dunia bisa mendapat manfaat darinya.

Cobalah beberapa langkah sederhana di bawah ini untuk memerangi perubahan iklim!

1.Cabut Perangkat Elektronik

Luangkan waktu sejenak untuk melihat sekeliling Anda; berapa banyak peralatan elektronik yang terpasang padahal sudah atau sedang tidak digunakan? Banyak orang yang tidak menyadari bahwa meskipun perangkat sudah dimatikan, namun tetap masih menggunakan energi selama masih tersambung aliran listrik.

Hampir seperempat dari seluruh konsumsi energi rumah tangga terbuang hanya untuk peralatan dalam mode daya siaga. Selain itu, dengan mengurangi daya pemakaian listrik, Anda juga bisa lebih menghemat tagihan listrik.

2. Menjadi Sukarelawan

Salah satu cara terbaik untuk memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar Anda dalam hal memerangi perubahan iklim adalah menjadi sukarelawan. Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang menjadi sukarelawan lebih bahagia dan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Anda dapat “googling” sendiri tentang komunitas pemerhati lingkungan disekitar Anda, dan jika Anda ingin menjadi sukarelawan atau bergabung bersama mereka untuk memerangi perubahan iklim, tentu mereka akan menerima Anda dengan senang hati.

Dalam menjadi sukarelawan, Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana namun sangat berarti, seperti memungut sampah, menanam pohon, bersih-bersih sungai, atau sekedar menyebarkan berita bermanfaat seputar perubahan iklim.

3. Gunakan Lampu LED

Satu bola lampu biasa dapat memakan energi sampai 876 kWh per tahunnya. Bahkan, di Amerika konsumsinya bisa sampai 45 kali lebih banyak dalam satu rumah.

Dengan beralih ke bola lampu LED dapat sangat memengaruhi perubahan iklim secara positif, karena lampu ini memiliki kemampuan untuk bekerja dalam suhu ekstrem dan dapat menghemat daya listrik dengan signifikan

4. Gunakan Energi dengan Bijak

Beberapa perubahan terkecil pada gaya hidup sehari-hari Anda dapat membuat dampak terbesar pada perubahan iklim. Salah satu langkah awalnya adalah dengan menghitung jumlah energi yang digunakan dalam rumah tangga Anda. Dengan begitu, Anda dapat mulai mengubah cara Anda menggunakan energi, seperti mana yang perlu dikurangi dan mana yang tidak perlu digunakan.

Salah satu perubahan termudah adalah dengan mencabut perangkat elektronik yang tidak digunakan, membuat jendela lebih banyak sehingga ruangan Anda terasa lebih sejuk tanpa menggunakan AC, dan menjemur baju di terik matahari sehingga tak perlu memakai pengering.

5. Membawa Tas Belanja Sendiri

Beberapa negara seperti Kenya, Mali, Uganda, dan Maroko, telah melarang penggunaan kantong plastik. Di Inggris, sebagian besar toko bahkan tidak menawarkan kantong plastik karena orang-orang yang belanja sudah terbiasa membawa tas belanja sendiri.

Sedangkan di Indonesia, membawa tas belanja sendiri masih belum begitu populer, walaupun belakangan kampanye tentang ini sedang gencar dipublikasikan. Semoga kedepannya masyarakat kita akan lebih sadar untuk membawa tas belanja sendiri saat mereka akan belanja kemanapun.

6. Menggunakan Sedotan Ramah Lingkungan

Tanpa kita sadari, penggunaan sedotan untuk minum begitu masif. Mudah sekali ditemukan orang-orang yang minum menggunakan sedotan plastik.

Mulai sekarang, cobalah untuk membawa sedotan sendiri yang bisa dipakai berulang kali, seperti sedotan yang terbuat dari bambu. Atau lebih baik tidak usah minum menggunakan sedotan sama sekali!

Para peneliti telah menemukan bahwa sedotan yang dapat digunakan kembali, dapat menurunkan polusi di lautan secara signifikan.

7. Menyebarkan Berita Tentang Perubahan Iklim dan Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan

Cara memerangi perubahan iklim selanjutnya adalah dengan menyebarkan berita-berita seputar perubahan iklim, bagaimana bahayanya untuk masa depan, dan bagaimana langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk mencegahnya.

Dengan banyaknya informasi yang beredar seputar perubahan iklim ini, diharapkan orang-orang akan lebih sadar tentang bahaya perubahan iklim, dan mereka jadi lebih tahu apa yang harus dilakukan. Setidaknya orang-orang akan mulai peduli dengan perubahan iklim ini!

8. Tanam Pohon

Langkah kecil yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menanam pohon. Satu pohon tunggal dapat menghasilkan hingga 260 pon oksigen setiap tahun. Sungguh menakjubkan! Hanya dengan satu pohon dapat memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

Anda dapat mulai menanam pohon mulai dari halam rumah Anda sendiri, jangan lupa ajarkan anak Anda tentang bagaimana pentingnya “Menanam”. (Ivan Runa)

Editor : Budi Sarmun