9 Manfaat Soda Kue yang Jarang Orang Tahu!

soda-kue
FOTO ILUSTRASI

MUNGKIN banyak orang yang tahu bahwa baking soda hanya digunakan untuk keperluan dapur saja, seperti untuk pengembang kue dan beberapa resep lainnya.

Tapi sebenernya baking soda atau soda kue ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan yang jarang orang mengetahuinya.

Baking soda merupakan senyawa kimia yang memiliki rumus NaHCO3, atau biasa disebut Natrium bikarbonat. Senyawa ini berbentuk serbuk yang mengkristal dan umum dijumpai di pasar-pasar ataupun mini market.

Bagi yang penasaran apa saja manfaat soda kue yang jarang orang tahu, berikut adalah beberapa daftarnya!

Obat Sakit Perut (Mulas)

Sakit perut atau mulas bisa terjadi karena beberapa sebab, cara mengatasinya bisa dengan meminum obat atau dengan baking soda ini.

Baking soda merupakan antasid menakjubkan yang mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi gangguan pencernaan.

Kalau Anda ingin menggunakan baking soda sebagai obat sakit perut, cobalah tambahkan setengah sendok teh soda kue ini ke dalam dua gelas air putih. Silahkan konsumsi satu jam setelah makan untuk meredakan mulas.

Membuat Minuman Bersoda

Saat ini banyak minuman soda yang beredar di pasaran, selain karena rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda juga memiliki rasa yang cukup enak. Makanya minuman ini selalu laris dan ada saja peminatnya.

Namun, jika Anda ingin membuat sendiri minuman bersoda sederhana juga bisa, yaitu dengan cara mencampurkan satu sendok teh soda kue ke dalam jus atau perasan lemon dan tambahkan gula sesuai selera. Jadilah minuman bersoda favorit Anda!

Membersihkan Rambut

Produk rambut yang umum kita gunakan, cenderung meninggalkan residu yang keras, bahkan setelah dicuci bersih. Untuk menghilangkan residu ini dan menghilangkan kotoran serta minyak yang dapat menumpuk seiring waktu, Anda bisa memanfaatkan baking soda.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan satu sendok teh soda kue ke dalam shampo Anda, dan bisa digunakan seperti biasa.

Namun, perlu diingat bahwa kristal kecil soda kue bisa jadi terlalu keras untuk rambut. Karena itu, gunakan dengan bijak dan dalam dosis yang kecil.

Penyegar Udara

Jika Anda butuh penyegar udara, Anda bisa menggunakan baking soda ini. Ada beberapa penyegar udara yang tidak bisa menghilangkan bau tak sedap yang mengganggu, oleh karena itu penyegar udara dengan campuran baking soda ini layak dicoba sebagai alternatif.

Cobalah campur satu sendok makan soda kue dan 5 sampai 6 tetes minyak esensial favorit Anda, kemudian aduk rata. Lalu, tuang campuran tersebut ke dalam botol spray yang sudah berisi air sulingan. Penyegar udara dengan wewangian favorit Anda siap digunakan!

Membersihkan Pakaian

Tahukah Anda bahwa dengan mencampukan soda kue ke dalam deterjen cair bisa membuat baju lebih bersih? Bahkan bisa mengangkat kotoran yang membandel sekalipun!

Pakaian putih dan juga berwarna akan terliahat lebih bersih dan cerah setelah keluar dari mesin cuci, jika Anda mencampurkan soda kue ke dalam deterjen cair. Itu karena soda kue mampu menyeimbangkan tingkat pH untuk membuat pakaian lebih bersih.

Mengelupas Kulit

Dalam hal kecantikan, soda kue juga mampu bertindak sebagai exfoliant fisik, dimana dapat membersihkan debu, menghilangkan kotaran dan mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit dengan menetralkan penghalang asam kulit.

Jika ingin menggunakannya, caranya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan pasta soda kue yang terdiri dari soda kue dan air dengan perbandingan tiga banding satu. Kemudian, Anda bisa mengoleskan pasta tersebut dengan ujung jari dengan gerakan melingkar, setelah itu bilas dengan air bersih.

Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Tempat Sampah

Manfaat baking soda selanjutnya yang jarang orang tahu adalah dapat menghilangkan bau tak sedap pada tempat sampah.

Disaat sampah sudah menumpuk pada tempat sampah, tentu akan membuatnya menjadi bau, apalagi jika di dalam ruangan. Sebagai solusinya, cobalah taburkan baking soda secukupnya di bagian bawah tempat sampah. Ini bertujuan untuk menetralkan bau dan mencegah agar tempat sampah tidak berbau saat penuh.

Membersihkan Kotoran Membandel pada Panci dan Wajan

Jika Anda menemukan peralatan masak yang sulit dibersihkan, coba manfaatkan soda kue. Soda kue ini mampu mengurangi dan menghilangkan lemak makanan yang tertinggal di panci, wajan, dan piring.

Anda bisa menambahkan dua sendok makan soda kue ke dalam sabun cuci piring cair, lalu cuci seperti mencuci piring biasa. Dijamin, Anda akan takjub dengan kinerja soda kue yang mampu mengangkat kotoran membandel ini!

Obat Kumur

Jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut, Anda bisa menggunakan baking soda sebagai pengganti obat kumur. Caranya mudah, campur satu sendok makan baking soda ke dalam segelas air, lalu gunakan sebagai obat kumur.

Anda tak perlu lagi membeli obat kumur yang mahal, karena soda kue juga cukup efektif untuk mengatasi bau mulut! (ivan)

Editor : Budi Sarmun