5 Juta Orang, Target Kunjungan Wisatawan Solo terlampaui

target-wisata-solo
FOTO DIRI : Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Hasta Gunawan. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*Wisatawan Dipermudah Tol dan Transportasi KA

SOLO,suaramerdekasolo.com – Jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Solo dalam periode satu tahun ini mencapai lima juta orang bahkan lebih dari perkiraan itu. Mayoritas kunjungan adalah para wisatawan nusantara, baru wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Hasta Gunawan Usai jumpa pers dalam rangka menyambut pergantian tahun 2019-2020 di kantornya mengatakan, jumlah kunjungan pelancong ke Kota Bengawan itu merupakan target kunjungan yang ditetapkan pada 2019 lalu. Dan target itu bakal terpenuhi dan bahkan melebihi dari target yang ada setelah pergantian tahun akhir bulan ini.

Baca : Syariah Hotel Solo Pikat Pecinta Kuliner Seafood

“Target kunjungan wisatawan ke Solo pada 2019 adalah 5 juta dan bakal terlampaui sampai dengan akhir bulan ini bertepatan dengan pergantian tahun 2019-2020,” katanya.

Terlampauinya target kunjungan wisatawan ini berkat adanya fasilitas tol Solo-Ngawi-Kertosono dan meningkatkan pemakaian alat transportasi kereta api dan bus.

“Khusus keberadaan tol Trans Jawa membuat kunjungan dari Kota Semarang atau Surabaya sekitar lebih banyak lagi. Dan umumnya mereka menginap di hotel-hotel dan berburu kuliner atau asesoris,” katanya.

Baca : Ribuan Santri Ikuti Wisuda Akbar Klaten Menghafal

Tersedianya sarana transportasi yang memadai baik kereta api dan bus, turut mendongkrak angka kunjungan wisatawan. Perlu diketahui, saat ini dua stasiun di Kota Solo yakni Balapan dan Purwosari menjadi pemberhentian KA jarak dekat seperti dari Semarang dan Kota Yogyakarta.

“Para pelancong dari kedua kota itu kadang naik kereta menuju ke Solo untuk berburu kuliner atau aksesoris di sini,” imbuh Hasta.

Terkait target wisatawan pada 2020 mendatang, Hasta mengungkapkan, jumlahnya akan menyamai dari target 2019 yakni lima juta wisatawan atau malah melebihi. (Budi Santoso)

Baca : Peralatan Rumah Yang Sering Menggangu Sinyal Wifi

Editor : Sri Hartanto