Taman Wifi Kian Kuatkan Boyolali Smart City

taman-wifi-boyolali
TAYANGAN: Bupati Seno Samodro (duduk) menikmati tayangan internet lewat jaringan wifi Diskominfo Boyolali. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Bupati Seno Samodro melaunching Taman Wifi, Sabtu (21/12) malam. Lokasinya berada di halaman Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali.

Taman WiFi ini dibangun Diskominfo Kabupaten Boyolali untuk memfasilitasi penggunaan internet untuk masyarakat. Hanya dengan masuk ke akun WiFi, masyarakat bisa menggunakan akses internet untuk mencari informasi.

Selain Taman Wifi, Bupati Seno sekaligus meresmikan Command Center dan Kantor Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Merapi FM yang baru. Radio milik pemkab, sekarang berada di sisi timur gedung Diskominfo. Pindah dari lokasi lama di wilayah Simpang Siaga Boyolali.

Menurut Kepala Diskominfo Kabupaten Boyolali, Abdul Rahman, dibangunnya Taman WiFi merupakan salah satu tindak lanjut dari program Boyolali Smart City. Penyediaan taman tersebut dapat mengakomodir para generasi milenial untuk menggunakan internet di tempat yang nyaman dan aman.

“Nanti akan bermanfaat bagi masyarakat Boyolali, khususnya para kaum milenial untuk berkreasi melalui teknologi IT, gadget,” ujarnya.

Bupati Seno Samodro mengaku bangga karena visi misinya sedikit demi sedikit telah terpenuhi untuk membangun Kabupaten Boyolali. Boyolali, sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Tengah ini telah berhasil menerapkan smart city.

Seperti diketahui, Diskominfo Boyolali memiliki gedung Smart City Center yang di dalamnya terdapat command center. Yaitu, sebuah ruangan khusus untuk memantau segala informasi yang ada di Kabupaten Boyolali.

Terdapat tiga fitur unggulan yang saat ini menjadi unggulun. Yang pertama Kata Boyolali yaitu mendengar suara warga melalui jalur khusus yang terpantau, Pemkab Boyolali untuk warga.

Fitur kedua, Mata Boyolali untuk menjaga kenyamanan, keamanan, dan situasi melalui sebaran closed circuit television (CCTV). Fitur ketiga yakni Data Boyolali yang menampilkan data Boyolali secara realtime, sebagai bahan pengambilan kebijakan pimpinan.

“Data center kita sudah punya, mata sudah tersebar di seluruh wilayah, seluruh aduan masyarakat akan ditampung melalui saluran yang telah disediakan oleh Kominfo. Ini visi misi Bupati sudah setapak terpenuhi, ini akan berkembang,” kata Bupati.(Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun