Gelar Pameran, Pemuda Pancasila Karanganyar Peduli UMKM

umkm-pp-karanganyar
PAMERAN UMKM – Disa Ageng Aliven saat meninjau pameran produk unggulan yang dipamerkan anggota PP. (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Memperingati Hari Ibu, Pemuda Pancasila menggelar serangkaian acara, termasuk gelar pameran produk UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Palur Plaza selama dua hari. Ada 13 dari 17 kecamatan yang ikut pameran untuk memamerkan produk unggulan mereka.

‘’Ada 4 wilayah kecamatan yang belum ikut, karena di wilayah itu belum ada pengurus Pemuda Pancasilanya, sehingga tidak ada yang mengkoordinasikan. Mudah-mudahan ke depan di wilayah itu nanti menyusul,’’ kata Disa Ageng Aliven ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) usai pembukaan pameran .

Baca : RSUD Karanganyar Akan Dikembangkan Jadi RS Wisata

Dia mengatakan, yang dipamerkan itu murni produk yang dihasilkan anggota PP sehingga diharapkan adanya pameran yang digelar Sabtu dan Minggu itu produk mereka berkembang. Selain itu pameran di Plaza Palur merupakan bentuk komitmen PP untuk mengembangkan UMKM sebagai salah satu soko guru perekonomian yang justru kebal krisis.

Salah satu agenda utama PP adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM. Dan PP berupaya membuka pasar dengan pameran berkala. Sebab selama ini produk UMKM yang dihasilkan anggota untuk mandiri termasuk membesarkan organisasi.

PP akan terus mencoba berkoordinasi dengan dinas terkait yakni Dinas Perdagangan, Naker dan Transmigrasi, untuk terus membina keberlanjutan mereka. Jika tidak dijembatani dengan membuka pwemasaran yang baik, tentu mereka akan sangat berat.

Baca : Orang Utan Waduk Gajahmungkur Mendapatkan Jodoh

Sementara Ria Ayu pengurus Srikandi MP Wilayah PP Jateng menambahkan, pameran yang dilakukan itu patut diapesiasi dan seharusnya pemberdayaan ekonomi ini wajib dikembangkan. Pameran seperti ini jika rutin dilakukan akan menjadikan produk mereka dikenal masyarakat.

Dia menambahkan, berkaitan dengan Hari Ibu ini, Pemuda Pancasila dan Srikandi PP yang merupakan organisasi di bawahnya menggelar serangkaian acara di samping pameran ekonomi kerakyatan tersebut.

Kegiatan lain yang bernuansa ibu adalah lomba tari gemufamire, pemilihan Mbak dan Mas PP yang baru sekali ini dilaksanakan di Jateng bahkan Indonesia, dialog kebangsaan, dan sejumlah kegiatan lainnya yang diikuti Pemuda Pancasila se Karanganyar.(joko dh)

Baca : Candi Sojiwan dan Plaosan Klaten Ternyata Tak Gratis, Ini Alasanya

Editor : Budi Sarmun