Gerakan Nasi Bungkus Jumat Berkah

jumat-berkah1
NASI BUNGKUS : Warga Desa Tonggalan, Klaten Tengah menggelar gerakan Jumat Berkah dengan membagikan nasi bungkus gratis kepada warga.(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

*Makin Lama Makin Banyak Yang Nitip Nasi

BEBERAPA tukang becak dengan pasti mengayuh becaknya dan berhenti di Jalan Pemuda Selatan, tepatnya di mulut gang Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Jumat (6/12).

Di sana, ada sejumlah bapak-bapak duduk sambil menunggui gerobak bertuliskan ‘’Kokam Tonggalan Berbagi’’ seperti layaknya pedagang makanan. Di dalamnya terdapat lebih dari seratus bungkus nasi yang ditata di rak kaca, sehingga mudah terlihat dari kejauhan.

Begitu abang becak mendekat, salah satu diantaranya menawarkan nasi bungkus gratis dan air mineral kemasan kepadanya. Bapak becak pun tersenyum dan menerima dengan senang hati. ‘’Alhamdulillah, bisa untuk makan siang,’’ katanya.

Memang setiap hari Jumat, sekitar pukul 10.00 WIB hingga menjelang shalat Jumat, warga Tonggalan menggelar kegiatan Jumat Berkah dengan membagikan nasi bungkus lengkap dengan lauk dan minum secara gratis. Ada nasi ayam sayur, nasi telur, nasi lele dan lainnya.

‘’Awalnya, hanya sekitar 80 bungkus sumbangan dari warga sekitar sini. Tapi setelah banyak yang tahu, semakin banyak yang menyumbang bahkan dari luar Tonggalan. Ada warung makan penyetan di Bareng yang mengirimkan nasi bungkus setiap Jumat,’’ kata Hermanu, pemrakarsa Jumat Berkah.

Gerakan itu terinspirasi dengan disediakannya makanan untuk jamaah shalat Jumat di Masjid Mlinjon yang membuat jumlah peserta shalat Jumat semakin meningkat. Di Masjid Kauman dan masjid yang lain juga demikian.

‘’Ternyata yang ingin bersedekah banyak, buktinya makin hari jumlah orang yang menitipkan nasi bungkus kepada kami semakin banyak. Semoga saja, kegiatan ini bisa menolong masyarakat yang membutuhkan,’’ ujar Hermanu.

Agung warga yang lain menambahkan, sejak mengetahui ada pembagian nasi gratis, banyak yang datang ke tempat mereka. Mulai dari abang becak, tukang rongsok, pengemis, tukang sapu jalan, sampai tukang ojek, semua mendapatkan nasi gratis.