Kader Posyandu Ujung Tombak Cegah Stunting

posyandu-klaten1
TEMU KADER : Ribuan kader Posyandu mengikuti temu kader bersama Bupati di GOR Gelarsena Klaten, Kamis (28/11).(suaramerdekasolo.xom/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Suasana GOR Gelarsena benar-benar merah meriah, Kamis (28/11), saat 2.600 kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) se-Klaten menggelar temu kader bersama Bupati Sri Mulyani.

Tema pencegahan stunting atau gagal tumbuh pada anak-anak menjadi fokus Posyandu ke depan.

Acara yang dihadiri Bupati Sri Mulyani dan diikuti kader dari 26 kecamatan yang ada di Klaten itu diawali dengan senam sehat. tersebut menyatakan komitmennya untuk bertekad melawan dan mencegah stunting.

‘’Pemkab Klaten berharap agar kader Posyandu makin tangguh dalam membantu pemerintah mengatasi stunting, sehingga Klaten akan terbebas dari stunting. Kader Posyandu berperan penting dalam menyiapkan generasi berkualitas,’’ tegas Bupati.

Pada kader mendapatkan materi tentang ‘’Posyandu Berkualitas’’ dari Asisten I Sekda Klaten Ronny Roekmito, kemudian Asisten III Sekda Klaten Sri Winoto memaparkan ‘’Penguatan Kapasitas Kader Posyandu’’.

Selanjutnya, Kepala Dispermades Jaka Purwanto mengulas ‘’Peran Dana Desa untuk Mewujudkan Posyandu Berintegrasi’’ dan materi ‘’Rumah Desa Sehat Cegah Stunting’’ dari Koordinator Penggerak Produktifitas Pendidikan Masyarakat Desa (TP3MD) Klaten.

‘’Kader Posyandu secara aktif menemukan kasus stunting kemudian dikonsultasikan ke bidan. Pencegahan stunting dilakukan sejak remaja, setelah menikah, saat hamil dan melahirkan. Harus diketahui faktor penyebab stunting,’’ tegas Ronny Roekmito usai acara.

Menurutnya, menu makanan dengan gizi seimbang adalah pencegahan yang disarankan.

posyandu-klaten2

Pada acara itu, Bupati menyerahkan hadiah lomba Posyandu tahun 2019, Juara I Posyandu Dahlia II Desa Gombang, Kecamatan Cawas, juara II Posyandu Melati IX Desa Belangwetan, Klaten Utara dan Juara III Posyandu Mekar Sari IV Desa Keden, Kecamaan Pedan.

Ada pun juara harapan I Posyandu Melati II Sanggrahan Prambanan, juara harapan II Posyandu Melati II Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring dan juara harapan III Posyandu Ngudi Rahayu Desa Gaden, Kecamatan Trucuk.(Merawati Sunntri)

Editor : Budi Sarmun