Karnaval Mobil Hias Pamerkan Potensi Karanganyar

karnaval-hut-karanganyar1
SEMARAK : Ruas Jalan Lawu disemarakkan deretan mobil hias dan beragam atraksi dalam karnaval yang digelar dalam rangka Hari Jadi ke-102 Karanganyar, Kamis (21/11). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com -Ratusan mobil hias dan atraksi dari sejumlah komunitas, menghibur warga Karanganyar dalam acara karnaval dalam rangka Hari Jadi ke-102 Karanganyar, Kamis (21/11) siang hingga sore.
Start dari sebelah barat Plasa Alun-Alun Karanganyar, hampir 200-an mobil hias dari lembaga pemerintahan, swasta, perusahaan maupun komunitas dan elemen masyarakat itu bergerak menyusuri Jalan Lawu sepanjang 4 km, hingga finish di kawasan Bejen.

Di depan panggung kehormatan di depan gedung DPRD Karanganyar, beberapa peserta melakukan beragam atraksi, disaksikan jajaran Forkopimda Karanganyar dan tamu undangan.
Ada yang beratraksi olahraga ekstrim dengan sepeda BMX dan skateboard, ada pula yang unjuk kebolehan melakukan free style dengan sepeda motor. Beberapa lainnya melakukan atraksi tarian massal.

Baca : Peluncuran Buku Lansia Milenial, Karya dr Handojo Tjandrakusuma

karnaval-hut-karanganyar2

Lebih dari dua jam, deretan mobil hias itu menyemarakkan suasana Jalan Lawu, hingga purna acara selepas pukul 15.00 WIB.

Ketua Seksi Karnaval Hari Jadi Karanganyar Sundoro menjelaskan, karnaval itu bertujuan menunjukkan potensi-potensi yang dimiliki Karanganyar.
“Terutama potensi dari berbagai kecamatan. Baik potensi pertanian, kuliner, maupun wisatanya. Caranya, dengan menghias mobil sesuai dengan potensi yang ingin diperlihatkan pada khalayak,” katanya, di sela acara.

Baca : Target 54.000 Pengunjung Disarpus Kota Surakarta Segera Tercapai

Dia menambahkan, pelaksanaan karnaval tahun ini rutenya lebih panjang dibanding tahun sebelumnya.
“Tahun lalu, panggung kehormatan di depan rumah dinas. Jaraknya terlalu pendek dari titik start. Tahun ini digeser depan DPRD Karanganyar, agar lebih panjang. Sehingga masyarakat lebih nyaman dalam menyaksikan, tidak berjubel di titik tertentu karena lebih banyak spot untuk menonton,” imbuhnya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, pawai mobil hias itu untuk memamerkan produk-produk unggulan yang dimiliki Karanganyar, maupun hasil inovasi dari lembaga pemerintahan, swasta, maupun dari masyarakat.
“Ini untuk menunjukkan, bahwa seluruh elemen masyarakat Karanganyar punya potensi yang bisa digerakkan untuk memajukan kabupaten ini,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

Baca : Inilah Urutan Acara Festival Geopark Gunung Sewu di Wonogiri

Editor : Budi Sarmun