Gamal Albinsaid Dan Ikhlas Thamrin Pembicara Seminar IBMF 3.0

seminar-yougreneur-muslim-iain-surakarta
BERIKAN MATERI : Gamal Albinsaid memberikan materi dalam acara seminar nasional dengan tema "Islamic Youngpreneur in Millenial Era" di gedung Graha IAIN Surakarta akhir pekan lalu. (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO,suaramerdekaolo.com – Dua motiovator Islam muda yakni M Ikhlas Thamrin, koordinator Nasional Gerakan Nasional Hijrah Belanda Indonesia (GENERASI) dan Founder CEO OMIND, serta Gamal Albinsaid peraih penghargaan The HRH Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur dari kerajaan Inggris dan menjadi pembicara utama dalam acara seminar nasional dengan tema “Islamic Youngpreneur in Millenial Era” di gedung Graha IAIN Surakarta.

Kedua narasumber itu menyampaikan pengalaman memulai bisnis dan memotivasi mahasiswa untuk segera memulai bisnisnya sendiri di hadapan 500 mahasiswa IAIN Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, STIE, Universitas Slamet Riyadi, ISI Surakarta, dan Poltekes Surakarta.

Gamal yang juga CEO Indonesia Medika di hadapan mahasiswa menyampaikan tentang cara memulai bisnis. Menurutnya untuk memulai bisnis selain melihat peluang juga harus menggunakan empati karena empati bisa menciptakan inovasi.

“Dengan modal empati kita berinovasi dan bertahan menghadapi tantangan bisnis,” jelas Gamal.

Selain itu Gamal menyampaikan saat ini adalah momentum tepat untuk membuat peluang memulai bisnis online. Menurutnya, mahasiswa harus mengerti tentang bisnis online dan menciptakanya. Lalu mahasiswa juga mengerti apa kebutuhan pasar dan masyarakat dewasa ini.

“Ciptakanlah bisnis yang dibutuhkan pasar dan masyarakat, seperti bisnis salah satu bisnis saya MedShop (layanan InMed yang berfokus pada aktivitas e-commerce produk-produk kesehatan),” ujarnya.

Sementara itu, Ikhlas Thamrin memotivasi mahasiswa agar lebih kreatif dan inovatif dalam memulai bisnisnya sendiri. Sebab ketekunan dan keuletan dalam memulai bisnis merupakan kunci kesuksesan.

Halimatus selaku panitia kegiatan mengatakan, acara seminar yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen bisnis Syariah (HMJ MBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta merupakan salah satu rangkaian acara dari Islamic Business Management Fair 3.0 (IBMF 3.0) yang bertujuan untuk memberikan fasilitas mahasiswa untuk memperoleh wawasan bisnis. Acara ini juga dimeriahkan hiburan akustik dari ISI Surakarta. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto