Ibu-ibu Jadi Polisi Jajanan untuk Anaknya

edukasi-jajanan-sehat-polres-wonogiri
MENYIMAK PENJELASAN : Para peserta menyimak penjelasan saat mengikuti edukasi jajanan sehat di Kodim 0728/Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Peran ibu sangat penting untuk mengatur makanan yang dikonsumsi anggota keluarganya. Anak-anak juga perlu dikontrol ketika membeli jajanan. Oleh karenanya, ibu diharapkan menjadi “polisi jajanan” bagi anak-anaknya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri Verawati Joko Sutopo menerangkan, salah satu peran ibu dalam peningkatan gizi anak adalah mengatur apa yang dimakan oleh anggota keluarganya. “Seperti menu jenis makanannya, jumlah makanannya, serta kandungan gizi yang dimakan,” katanya saat menjadi pemateri dalam edukasi jajanan sehat sekolah Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIX Kodim 0728 dan Yayasan Kartika Jaya Koordinator XLIX Kodim 0728 Wonogiri, Rabu (13/11).

Baca : Agus Parjito, Ahli Totok Pankreas Pengobatan Alternatif Sembuhkan Diabetes

Baca : Pola Hidup Tak Benar, Penyebab Penyakit Tak Menular

Peran itu bisa dikatakan sebagai “polisi jajanan”, dengan mengawasi jajanan apa saja yang dibeli oleh anak-anaknya. Pengawasan juga dilakukan terhadap tempat anak membeli jajanan dan kandungan gizi jajanan tersebut.

Dia menyampaikan tips agar makanan yang dikonsumsi anak selalu aman dan sehat. “Ada tips “Tiga Oke”, yakni kantin sekolah oke, bekal anak ke sekolah oke, dan pengaturan uang saku oke. Mari bersama mewujudkan generasi penerus bangsa yang sehat dan berprestasi dengan asupan makanan sehat dan bergizi,” pesannya.

Baca : Jaga Kondisi Badan Lewat Gowes Bhayangkara Boyolali

Dalam kesempatan itu, ketua Persit Kartika Chandra Kirana cabang XLIX Kodim 0728 Wonogiri Fara Heri Amrulloh mengatakan, acara itu dihadiri para anggota Persit, guru, dan orang tua anak didik TK Kartika. Dia berpesan kepada seluruh anggotanya agar lebih memperharikan asupan makanan, terutama jajanan di sekolah. “Kita harus lebih selektif dalam memberi makanan kepada anak-anak. Jangan sampai sembarangan memberi jajanan,” katanya. (Khalid Yogi)

Baca : 9 Bahan Alami Untuk Meredakan Migren

Editor : Budi Sarmun