Waduk Baran Berpotensi Jadi Wisata Unggulan Wonogiri

wisata-waduk-baran-wonogiri
BERSAMA DIFABEL : Kapolres Wonogiri, Uri Nartanti Istiwidayati bersama anak-anak difabel menanam pohon penghijauan di Waduk Baran, Kelurahan Puloharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jumat (8/11). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

*Polres Wonogiri Adakan Penghijauan

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Polres Wonogiri menanam ribuan pohon penghijauan di sekitar Waduk Baran, Kelurahan Puloharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jumat (8/11). Selain untuk kelestarian lingkungan hidup, aksi itu juga diharapkan dapat mendukung kegiatan karang taruna setempat yang berencana membangun tempat wisata di Waduk Baran.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati mengatakan, jumlah bibit penghijauan yang ditanam mencapai 21.850 batang pohon. Bibit pepohonan itu terdiri atas berbagai jenis, seperti beringin, trembesi, mahoni, sengon dan buah-buahan.

Selain ditanam di sekitar Waduk Baran, bibit-bibit pepohonan itu juga ditanam pada desa/kelurahan lain di Kecamatan Eromoko. Penanaman secara serentak akan dilaksanakan ketika musim hujan tiba.

“Pohon beringin itu untuk melestarikan sumber air. Kalau pohon buah-buahan akan ditanam di dekat hutan biar bisa jadi makanan kera. Soalnya kawanan kera sering masuk permukiman karena makanan di hutan habis,” terangnya.

Tempat Wisata Kuliner

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Hari Pahlawan dengan tema Aku Pahlawan Masa Kini Tujuannya untuk menggugah masyarakat menjadi pahlawan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Camat Eromoko, Danang Erawanto mengatakan, bibit pohon penghijauan akan dirawat karena Waduk Baran diproyeksikan sebagai tempat wisata yang dikelola pemuda setempat. “Nanti akan jadi tempat wisata kuliner,” ujarnya.

Selain Waduk Baran, tempat lain yang diproyeksikan untuk obyek wisata adalah Hutan Pinus Pasekan. Oleh karenanya, dia berterima kasih kepada Polres Wonogiri yang telah membantu menyediakan bibit penghijauan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kabagops Kompol Agus Pamungkas, pejabat utama Polres Wonogiri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri Verawati Joko Sutopo, Camat Eromoko Danang Erawanto, Kapolsek Eromoko Iptu Anom Prabowo, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto, Lurah Puloharjo Suyoto dan masyarakat. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun