Kampanye Kurangi Penggunaan Plastik IIDI Bagikan 1.000 Tas

iidi-pembagian-plastik
RAMAH LINGKUNGAN : Sejumlah anggota IIDI membagikan tas kain kepada pengunjung Pasar Gede, Solo, Jumat (26/10). Pembagian tas ini sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. (suaramerdekasolo.com/Yusuf Gunawan)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Upaya pengurangan sampah plastik terus dilakukan oleh sejumlah pencinta lingkungan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Kota Solo.

Dalam rangka bulan bakti yang jatuh pada bulan Oktober, para istri dokter itu membagikan sedikitnya 1.000 tas kain kepada masyarakat. Pembagian tas kain ini dilakukan serentak pada Jumat (26/10) di lima pasar tradisional. Diantaranya di Pasar Gede, Harjodaksino, Ledoksari, Nongko dan juga di pasar Kadipolo. Ketua IIDI Cabang Solo, Sri Mulyani Prasetiyadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan bulan bakti yang jatuh pada bulan Oktober. 

“Kami sudah memulai berbagai kegiatan sejak 1 Oktober lalu. Kali ini kami melakukan pembagian tas kain kepada masyarakat. Totalnya ada 1.000 sampah plastik yang kami bagikan kepada masyarakat,” kata Sri saat ditemui di sela pembagian.

Baca : IOXC Digelar Besok, Hari Ini Puluhan Peserta Jajal Sirkuit

Sri mengungkapkan, pembagian tas kain ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik. Mengingat, selama ini masyarakat Indonesia masih banyak menggunakan plastik. Kondisi ini membuat posisi negara Indonesia menjadi negara kedua dengan penggunaan plastik terbanyak. Kondisi ini tentunya perlu menjadi perhatian tersendiri mengingat sampah plastik sangat sulit terurai.

 “Indonesia ini menduduki peringkat kedua di dunia dalam hal penggunaan sampah plastik. Padahal, sampah plastik tidak mudah terurai. Butuh waktu yang sangat lama,” tuturnya.

Maka dari itu, lanjut Sri, pihaknya pun ingin membantu pemerintah dalam upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Salah satunya yakni dengan memberikan tas kain.

Baca : Malimpa UMS Bersih-bersih Sungai Premulung Solo, Antisipasi Musim Penghujan

 “Tas ini kan bisa digunakan berulang kali dan bisa dicuci, jadi tidak sekali pakai. Dengan menggunakan tas ini, secara perlahan bisa mengurangi penggunaan sampah plastik,” katanya. (Ari Purnomo Apl)

Editor : Budi Sarmun