380 Siswa SMPN Gantiwarno Klaten Ikuti Periksa Mata Gratis Lions Club Yogyakarta

lions-club-yogyakarta
SERAHKAN KACAMATA : Presiden Lions Club Yogyakarta Eko Setyo AW menyerahkan kacamata pada siswa SMPN 3 Gantiwarno, Sabtu (19/10).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Lions Club Yogyakarta Manggala Mataram kembali menggelar kegiatan sosial. Kali ini, mereka mengadakan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis kepada anak SMPN 3 Gantiwarno, Klaten, Sabtu (19/10).

Menurut Presiden Lions Club Yogyakarta Manggala Mataram, Eko Setyo AW, pemeriksaan mata dilakukan oleh sejumlah tenaga ahli mata, sejak pukul 08.00 WIB. Total ada 380 siswa SMPN 3 Gantiwarno yang diperiksa matanya.

‘’Anak-anak adalah masa depan bangsa, jadi kami menggelar pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis agar mereka bisa belajar dengan baik. Semoga, kegiatan ini membawa manfaat bagi siswa yang memerlukan kacamata,’’ kata Eko Setyo AW di sela-sela kegiatan.

Dia menambahkan, lokasi pemeriksaan adalah bagian dari District 307 B2 Lions Club Internasional. Kegiatan periksa mata dan pembagian kacamatan gratis tersebut dilaksanakan secara serentak seluruh District di bulan Oktober 2019 ini.

Menurut Cicilia S Mulyati Wijaya selaku Project Officer acara tersebut, salam melakukan pemeriksaan mata, Lions Club bekerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Acara dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB, murid-murid mengaku sangat senang dan antusias dengan adanya pemeriksaan dan bantuan kacamata gratis dari Lions Club. Mereka merasa terbantu,’’ ujar Eko Setyo AW.

Pemeriksaan Kesehatan

Adinda Novita Wulandari, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut mengaju sangat senang karena bisa melakukan pemeriksaan mata secara gratis. Hal itu juga dirasakan beberapa siswa yang lain. ‘’Kami senang ada periksa mata dan pemberian kacamata gratis,’’ kata dia.

Sementara itu, Wakil Kepala SMPN 3 Gantiwarno Abdulah mengatakan, pemeriksaan mata dilakukan bagi seluruh siswa SMPN 3 Gantiwarno. Sedangkan kacamata gratis diberikan kepada siswa yang memerlukan setelah mengetahui hasil pemeriksaan.

Eko Setyo AW menambahkan, setiap tahunnya Lions Club selalu melakukan berbagai kegiatan mulai dari pelestarian lingkungan dan penghijauan, bantuan air bersih ke daerah kekeringan, pemeriksaan diabetes, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Dia berharap kehadiran Lions Club bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun