7 Trick Perawatan Mobil Yang Perlu Diketahui

tips-merawat-mobil2
FOTO ILUSTRASI

MENJADI sopir yang berpengalaman tidak berarti Anda tahu segala sesuatu tentang mobil. Seperti mengetahui bahwa cairan pencuci piring sebenarnya sangat berguna saat digunakan membersihkan jendela mobil, bagaimana kaus kaki dapat digunakan sebagai wiper saat kondisi hujan, Berikut ini beberapa trik yang berguna bagi Anda.

1. Gunakan resirkulasi udara ketika terjebak dalam kemacetan lalu lintas.
Untuk beberapa jenis mobile terutama mobil mewah dan hasil pabrikan eropa dan amerika disamping tombol AC biasanya terdapat tombol resirkulasi udara.Tombol ini paling sering diabaikan oleh para pemilik mobil padahal kegunaanya dia dipakai untuk mencegah udara luar masuk kedalam kendaraan anda terutama ketika mobil terjebak dalam kemacetan yang lama.

2. Menghemat bahan bakar dengan mengeluarkan barang yang tidak perlu.
Cukup jelas, bukan? ya, tapi kami yakin setiap orang memiliki banyak barang-barang berat yang tidak penting tertinggal didalam mobil.Masalahnya adalah bahwa konsumsi bahan bakar akan meningkat karena beban kendaraan yang bertambah sehingga memaksa mesin mobil untuk bekerja lebih ekstra yang ujung ujungnya akan mengahabiskan bahan bakar mobil anda dengan cepat. Solusinya adalah keluarkan barang barang yang dirasa berat dan tidak lagi digunakan dari kendaraan anda.

3. Kaus kaki jadi Wiper
Meninggalkan rumah di pagi hari selama musim hujan bisa menjadi sulit, terutama ketika wiper mobil anda rusak.tidak perlu panik cukup gunakan kaus kaki untuk melapisi wiper mobil anda yang rusak.Maka anda bisa berpergian dengan aman dalam kondisi hujan hingga anda sampai ke bengkel untuk mengganti wiper mobil anda yang rusak.

tips-merawat-mobil1
FOTO ILUSTRASI

4. Pin mobil Anda pada aplikasi GPS untuk mengingat di mana mobil Anda diparkir.
Untuk beberapa kantor dan mall di kota besar saat ini mempunyai parkir mobil yang sangat luat contohnya di jakarta expo kemayoran. Dengan luas tempat parkir dapat menjadi masalah bagi sebagian orang yang mempunyai masalah dengan ingatan.Untuk mengatasi lupa parkir sebelum anda keluar dari mobil buka aplikasi gps map google dan pin kan lokasi anda.Dengan cara ini anda tidak perlu lagi kuatir mencari lokasi dimana mobil anda di parkir.

5. Gunakan kertas basah untuk menghilangkan stiker tanda bumper.
Bemper dipasangi stiker adalah sesuatu hal yang sering kita hadapi entah itu stiker penjualan atau promo produk.Sangat merepotkan untuk di hilangkan. Sebuah cara yang cepat, murah dan mudah untuk melepas stiker adalah basahi kertas koran dengan air hangat dan oleskan diatas striker tersebut.

Diamkan selama sekitar 10 menit, sehingga air menembus perekat stiker / tanda decal. Kemudian, dengan lembut cabut stiker dengan kartu maka stikerpun langsung terangkat

6. Hapus karat dengan Coca-Cola.
Karena Coke tersedia di mana-mana, dan karena itu berkarbonasi, ini adalah cara yang berguna dan murah untuk menghilangkan noda dan karat dari logam terutama untuk mur di velg mobil.Caranya cukup mudah cukup dengan siramin permukaan mur dengan coca cola dan diamkan beberapa saat setelah itu lap dengan kain bersih.

7. Jangan Langsung panaskan mobil dipagi hari.
Hampir semua orang dipagi hari langsung memanasi mobil padahal disaat seperti ini aki mobil tidak dalam kondisi suhu yang benar-benar ideal. Jangan langsung distarter karena ini dapat membuat usia aki menjadi pendek.Cara yang benar adalah dengan menyalakan lampu lebih dahulu atau nyalakan radio untuk beberapa menit sampai dirasa cukup untuk memanaskan aki setelah itu baru kita starter mobilnya. Cara seperti ini akan membuat usia aki mobil anda lebih panjang dari sebelumnya. (Dari berbagai sumber)

Editor : Nindya Achmadi