Nyaris Sapu Bersih, FT UTP Berjaya Dalam Lomba Inovasi Beton Nasional

tim-beton-utp-surakarta
FOTO BERSAMA : Tim Beton Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta. (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO suaramerdekasolo.com – Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan (UTP)  Surakarta yang tergabung dalam Tim Beton UTP. Mereka berhasil mempertahan gelar juara lomba beton nasional yang digelar oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Tim beton UTP memastikan gelar juara setelah menyingkirkan beberapa Universitas negeri dan swasta yang masuk dalam putaran final di antaranya UNS serta UMS. UTP sendiri mengirim 2 team yaitu Tim Ganesha 18 dan Team Gatotkaca Ganesha. Keduanya berhasil masuk putaran final dan meraih peringkat 1 dan 2.

Baca : Pendidikan di Vietnam Peringkat Tiga Dunia, Indonesia Posisi Berapa ?

Inovasi yang dilakukan oleh tim Beton UTP adalah dengan menciptakan beton menggunakan limbah yang tidak terpakai untuk dijadikab beton bermutu tinggi. Kali ini Team Ganesha 18 menggunakan bahan  baku Waste Marble Dust (WMD) yaitu limbah dari pemotongan marmer. Bahan baku tersebut dicampur dengan pasir dan split.

“Karena kami menggunakan WMD, jadi pasir yang digunakan sedikit, bisa dibilang teknik ini dapat mengurangi jumlah pasir yang digunakan,” Ujar Fatin, salah seorang anggota Tim Ganesha.

Untuk mencapai putaran final lomba beton ini menurutnya  tidaklah mudah. Selain tahapan lomba yang sangat  panjang, banyak  sekali halangan dan rintangan dalam hal inovasi yang digagas tim tersebut.

Baca : Margono, Tulis 13 Buku Berkisah Perjalannya Sejak Muda

 Namun dengan semangat yang tinggi, bimbingan dari dosen dan kekompakan team, mereka berhasil meraih peringkat 1. Adapun tim UTP yang lain di peringkat kedua. 

“Nyaris sapu bersih, ” ujar Ahmadi, Ketua Tim Ganesha 18. (Evie Kusnindya)

Baca : Manfaat Saling Tolong Menolong Dalam Kesusahan Dan Penderitaan

Editor : Budi Sarmun