Hibur Penumpang Terminal Tirtonadi, Komunitas SNK Himpun Donasi Untuk Bantu Sesama

SOLO,suaramerdekasolo.com – Komunitas musisi dan penyanyi Seniman Ngisor Kajang (SNK) manggung di terminal pemberangkatan timur Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Selasa (15/10).

Puluhan lantunan lagu campursari, congdut, atau dangdut koplo dimainkan oleh musisi dan bergantian penyanyi. Sementara anggota komunitas lainnya menyapa penumpang, kru bus, dan pegawai terminal untuk sekedar bernyanyi atau menyisihkan sebagian uang sakunya untuk didonasikan.

Aktivitas sosial yang mendapat restu dari otoritas Terminal Tipe A Surakarta ini berlansung semarak.

Kru bus lintas tak tahan menggoyang-goyangkan pinggulnya. Adapun penumpang ada yang merekam atau memotretnya di handphone pintar untuk status medsos mereka.

Seperti yang disampaikan Rahmad, penumpang dari Wedi, Klaten ini. Pria 27 tahun yang hendak ke Surabaya ini mengaku terhibur dengan live musik dadakan itu.

” Bagus hiburannya, apalagi kalau memang buat duit sumbangan penumpang untuk kegiatan sosial ya. Oya sayang AC nya tidak nyala, jadi panas,” katanya sambil ngakak.

Pekerja swasta ini mengaku baru Tirtonadi yang menyajikan musik live ini. Namun sayang, ia tidak bisa request lagu atau berlama-lama di terminal karena buru-buru hendak naik bus lintas ke Kota Pahlawan.

Sosialisasi Terminal

Adapun Jebrik MC dari SNK memberikan apresiasi pihak terminal kepada komunitasnya. Mengingat kegiatan hiburan berbalut donasi untuk kegiatan seni ini memang tidak ada bayaran dan paksaan penumpang untuk menyumbang.

“Kalau penyanyinya haus, ya beli es teh sendiri. Kita tak berani memakai uang donasi itu, karena seluruhnya disumbangkan ke duafa, anak yatim yang membutuhkan, ” katanya.

Dalam sehari ini, SNK akan manggung dibeberapa tempat seperti terminal dan Taman Satwa Taru Jurug.

Koordinator Satker Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta Joko Sutriyanto menambahkan, pihaknya memberikan fasilitas kepada komunitas-komunitas yang peduli kepada penumpang terminal dan menyosialisasikan tugas dan fungsi pokok terminal ini.

“Kami sediakan tempat fasilitas dan monggo saja berkreasi selama mendukung tugas fungsi pokok terminal. Tadi kita berdoa bersama dan memotong tumpeng sebelum Musik Event Amal bersama Seniman Ngisor Kajang, penggalangan dana, santunan duafa dan anak yatim ini digelar,” imbuh Joko. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto