7 Tips Hemat ala Anak Kost agar Uang Cukup Sebulan

tips-hemat-anak-kost
FORTO ILUSTRASI

BAGI anak kost, mengelola keuangan dengan baik sangat penting untuk dilakukan, tujuannya agar uang kiriman orang tua bisa cukup untuk sebulan. Namun, tak jarang di tengah bulan para anak kost sudah kehabisan amunisi, sehingga perlu melakukan penghematan ekstra sampai datang kiriman selanjutnya.

Jika Kamu mengalami kejadian yang serupa, mungkin ada yang salah dalam manajemen keuangan Kamu, atau mungkin hidup Kamu terlalu boros di awal bulan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah beberapa tips hemat ala anak kost seperti di bawah ini!

  1. Masak Sendiri

Makan adalah kebutuhan utama manusia, so kebutuhan yang satu ini memang tidak bisa dihilangkan, tapi, bisa untuk dihemat atau dikurangi anggarannya.

Kalau Kamu biasa makan di luar atau di restoran cepat saji yang bisa menguras kantong, kenapa Kamu gak coba buat masak sendiri aja!

Baca : Tamu Acara Hitam Putih : Kopda Hardius Rusman Kuasai 7 Bahasa Asing, Cek Video Tes Tanya Jawabnya

Minimal Kamu masak nasi sendiri, jadi Kamu hanya perlu membeli lauknya saja. Dengan begitu, Kamu bisa menekan pengeluaran.

Hal ini bukan berarti Kamu gak boleh makan di restoran mahal lho! Bolehlah sesekali, asal jangan terlalu sering. Kegiatan ini nih yang sebenarnya bikin uang kiriman cepat habis!

Selain itu, jangan malu untuk bawa bekal ke kampus atau ke kantor. Kalau Kamu masak sendiri, maka masakan itu bisa Kamu bawa sebagai bekal untuk makan siang. So, uang makan siang Kamu bisa tetap utuh!

Baca : Manfaat Saling Tolong Menolong Dalam Kesusahan Dan Penderitaan

2. Rinci Pengeluaran Selama Sebulan

Ketika uang kiriman datang, sebaiknya Kamu mulai merinci semua pengeluaran secara detail. Ini yang jarang dilakukan anak kost. Biasanya pengeluaran hanya dikira-kira saja atau dicukup-cukupi saja, tanpa dirinci apa saja detailnya.

Dengan merinci pengeluaran, sebenarnya Kamu juga bisa tau hal apa saja yang melubangi kantongmu, sehingga Kamu bisa menutupi lubang tersebut.

Setelah merinci secara detail kegiatan apa saja yang Kamu lakukan selama sebulan, mungkin Kamu akan kaget melihat pemborosan-pemborosan apa yang telah atau akan Kamu lakukan.

3. Membawa Minuman Sendiri

Apa Kamu sadar kalau bepergian Kamu selalu membeli air mineral atau minuman lain? Walaupun harganya gak mahal-mahal amat, tapi sebenarnya hal ini juga bisa Kamu hemat lho!

Baca : Grand Opening MOI Agency Klaten, Dunia Modeling Klaten Punya Potensi Besar

Misalnya dalam sehari Kamu membeli minuman Rp.10.000, coba saja kalikan dengan sebulan, lumayan kan Rp.300.000 bisa Kamu hemat atau dialokasikan buat kebutuhan lain!

Lagipula, dengan membawa minuman sendiri Kamu juga turut mengurangi sampah plastik lho! Tau sendiri kan sekarang lagi marak-maraknya kampanye tentang pengurangan sampah plastik!

4. Jangan Bawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Bisa jadi salah satu penyakit boros Kamu adalah karena gak tahan ngeliat barang bagus yang ada di mall. Kalau bawa uang pas, mungkin Kamu bisa cukup menahan diri untuk membeli barang yang sebenarnya gak terlalu Kamu perlukan.

Minimal Kamu akan ingat bahwa Kamu sedang melakukan penghematan dengan membawa uang tunai secukupnya. Jadi pas Kamu lihat dompet dengan uang seadanya, Kamu akan berubah pikiran ketika ingin mengeluarkan uang buat sesuatu yang kurang penting.

Baca : Enam Cara Bangun Pagi dengan Mudah

Kalau diperhatikan, banyak juga lho orang-orang yang gatal ketika melihat uang banyak di dompetnya! So, dengan membawa uang pas-pasan sebenarnya merupakan salah satu tips jitu buat anak kost lakukan.

Namun, Kamu juga tetap perlu uang lebih untuk keadaan darurat, seperti saat ban kendaraan bocor atau hal lain yang urgent. Untuk itu, Kamu bisa mensiasatinya dengan menaruh uang darurat tersebut di bawah jok motor atau dalam kendaraan. Anggap saja uang itu adalah “duit mati” yang gak bisa diganggu gugat.

5. Menabung

Kamu gak akan pernah tau apa yang akan terjadi 5 menit yang akan datang. Apakah Kamu akan sakit, terkena musibah atau hal lain yang memerlukan biaya. Untuk itu, penting rasanya mempunyai uang tabungan.

Saat pertama kali uang kiriman datang, cobalah untuk menyisihkan beberapa persen untuk ditabung, atau dijadikan “duit mati”. Nantinya, uang tabungan ini hanya boleh Kamu pakai untuk keadaan-keadaan darurat saja.

Kalau uang tabungan darurat tersebut tidak pernah atau sedikit yang terpakai, mungkin Kamu bisa gunakan untuk membuat usaha atau modal nikah mungkin.

Baca : Tiga Faktor Penting SEO agar Masuk Halaman Pertama

6. Mencuci Pakaian Sendiri

Biasanya, di tempat kos-kosan menyediakan fasilitas laundry, namun Kamu akan kena charge ekstra untuk itu. Nah, gak ada salahnya kan kalau Kamu hemat pengeluaran laundry dengan mencuci pakaian sendiri?

Kecuali, jika kegiatan Kamu super sibuk yang gak ada waktu untuk cuci baju sendiri, it’s okelah!

Tetapi kalau Kamu masih kuliah, rasanya selalu ada waktu tuh buat sekedar mencuci pakaian sendiri, bener gak?

7. Manfaatkan Wifi Gratis!

Yups, paket kuota internet adalah salah satu pengeluaran wajib untuk saat ini. Meskipun gak bisa dihindari untuk beli kuota, tetapi Kamu bisa menghemat budgetnya dengan cara menggunakan wifi umum yang “GRATIS” jika ada kesempatan.

Jadi, Kamu bisa download update-update aplikasi atau melakukan kegiatan apapun yang makan kuota besar saat berada di wifi umum.

Simpel bukan ketujuh hal di atas? Sebenarnya hal-hal yang mungkin Kamu anggap sepele di atas justru bisa menyelamatkanmu dari kebangkrutan di akhir bulan. Selamat berhemat!

Baca : Mau Julan Cepat Laris di di Instagram, Berikut ini Tips Triknya

Editor : Budi Sarmun