Tiga Faktor Penting SEO agar Masuk Halaman Pertama

faktor-penting-SEO
FOTO ILUSTRASI

BAGI para webmaster, blogger atau pengelola website, mungkin sudah tidak asing lagi mengenai apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya. Sekedar mengingatkan, SEO adalah Search Engine Optimization, jadi bisa dibilang SEO adalah proses pengoptimalan halaman website atau blog pada mesin pencari.

Untuk blog yang memiliki traffic dari media sosial atau direct langsung, SEO tidak begitu berpengaruh, namun jika ingin mendapatkan tempat terbaik yang mudah ditemukan di mesin pencari, maka sebaiknya pelajarilah SEO ini dan terapkan pada blog Anda masing-masing.

Intinya, jika Anda ingin dapat halaman pertama yang mudah dicari di mesin pencari, maka Anda sebaiknya mengoptimalkan website Anda dengan teknik-teknik SEO yang baik dan benar.

Mengapa SEO begitu penting untuk mendapat traffic dari mesin pencari?

Ada 3 mesin pencari besar di dunia, yaitu Google, Bing + Yahoo dan Yandex, di mana mesin pencari tersebut banyak sekali penggunanya. Sehingga, untuk mendapatkan traffic dari mesin pencari merupakan sesuatu yang potensial dan salah satu cara mendapatkan traffic blog tanpa harus beriklan atau share ke media sosial.

Apa jadinya kalau artikel Anda berada di halaman 3, 4 dst…. Mungkin jarang sekali orang yang bisa mendapatkan artikel Anda pada kata kunci tertentu. Oleh karena itu, jika blog Anda teroptimasi dengan baik, kemungkinan artikel Anda mejeng di halaman pertama bukanlah hal yang mustahil.

Itulah seklias tentang apa itu SEO dan Saya yakin Anda sudah tahu sedikit gambaran mengenai SEO ini. Sekarang waktunya untuk mengoptimasi blog Anda. Berikut beberapa tips SEO yang bisa Anda terapkan jika ingin masuk ke halaman pertama.

  1. Riset Kata Kunci

Proses ini adalah mencari kata kunci yang ingin digunakan dalam sebuah artikel atau blog secara keseluruhan, dan melihat pesaing-pesaing pada kata kunci tersebut.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk riset keyword ini, Saya akan kasih contoh yang gampang saja. Misalnya Anda bisa menggunakan Ubersuggest, Anda bisa memasukkan kata kunci yang ingin Anda bidik serta negara pencariannya, lalu Anda akan dapatkan hasil penelusurannya.

Saya akan ambil contoh kata kunci “cara merawat kucing”, disitu tertera jumlah pencarian ada 4.400 per bulannya, berarti kurang lebih ada 146 orang pencari setiap harinya. Ingat, ini adalah perkiraan dan rata-rata per bulannya, jadi bisa kurang atau lebih.

Setelah tahu jumlah pencari per bulannya, kemudian Anda bisa ketik kata kunci tersebut pada serach box, kita gunakan Google saja. Setelah hasilnya keluar, kita akan dapatkan 3.110.000 hasil pencarian. Berarti lumayan banyak artikel yang berkaitan atau membahas cara merawat kucing ini. Perbandingannya, 4.400 potensi traffic per bulan dengan 3.110.000 hasil pencarian, lumayan berat sebenarnya.

Kuncinya, Anda bisa cari kata kunci yang memiliki jumlah pencari banyak, tetapi hasil pencariannya sedikit. Kemungkinan besar artikel Anda bisa masuk halaman pertama dengan mudah tanpa harus bersaing dengan blog-blog lain.

2. SEO on-page

Jika Anda sudah dapat kata kunci seperti yang dibahas pada poin pertama, selanjutnya Anda bisa tulis artikel yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Pastikan kata kunci yang Anda pilih, terdapat di judul, deskripsi, permalink dan tersebar di dalam artikel. Jangan terlalu banyak memasukkan keyword dalam artikel, karena sepertinya saat ini keyword density sudah tak terlalu berpengaruh lagi. Sebagai gambaran, dalam artikel berjumlah 500 kata, masukkan kata kunci sebanyak 3 sampai 5 pengulangan saja sudah cukup.

Jangan lupa, alt text pada gambar juga harus Anda isi, karena gambar juga mempunyai potensi pencarian di search engine. Bisa Anda isi dengan keterangan gambar, atau bisa juga Anda masukkan kata kunci ke dalamnya.

3. Backlink

Backlink atau tautan balik adalah faktor pendukung yang lumayan penting perannya dalam dunia SEO. Kebanyakan posisi pertama pada kata kunci tinggi persaingan adalah blog-blog yang sudah memiliki backlink berkualitas yang cukup banyak.

Namun, untuk penggunaan backlink ini sebaiknya tidak asal-asalan, kalau Anda belum terlalu mahir dalam hal SEO, sebaiknya biarkan backlink datang sendirinya saja, tak usah Anda menanam backlink di situs-situs tertentu. Kalau Anda asal-asalan dalam menanam backlink, kemungkinan situs Anda bisa dianggap spam dan malah memperburuk peringkat blog Anda.

Tetapi kalau Anda ingin menanam backlink ke situs tertentu, pastikan tautan tersebut “dofollow” dan berada di dalam konten. Selain itu, sebaiknya Anda menanam link tersebut di situs-situs besar, karena pengaruhnya sangat besar.

Bagi blog baru, sebaiknya tanam backlink dengan tujuan homepage saja dulu, dan variasikan anchor teks antara naked url, exact keyword / brand, atau generic anchor teks, seperti sumber, source, dll.

Selain itu, backlink juga bisa memberikan refferal traffic. Misalnya kalau link Anda terpajang di situs yang ramai pengunjung, kemungkinan akan ada beberapa orang yang mengunjungi situs Anda juga.

Itu saja trik SEO yang bisa Kami bagikan kali ini, dan ketiga hal di atas adalah faktor penting yang tak bisa diabaikan dalam dunia SEO. (Ivan)

Editor : Budi Sarmun