Enam Cara Bangun Pagi dengan Mudah

cara-bangun-pagi
FOTO ILUSTRASI

BANGUN pagi bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh sebagian orang. Tak jarang hal ini menimbulkan masalah dalam rutinitasnya, terutama bisa menurunkan produktivitas, karena waktu yang digunakan untuk bekerja lebih sedikit akibat telat bangun pagi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari pasang alarm, hingga minta dibangunkan oleh orang rumah. Namun, terkadang hal tersebut tidak juga berhasil karena Anda terlalu menikmati waktu tidur.

Perlu Anda ketahui, bangun lebih awal itu memiliki banyak manfaat positif, misalnya waktu yang lebih banyak untuk melakukan kegiatan produktif, dapat menikmati sinar matahari pagi yang diketahui bagus untuk kesehatan, bisa bercengkrama dengan keluarga sebelum memulai aktivitas, dan masih banyak kebaikan lainnya.

Jika Anda mempunyai masalah susah bangun pagi, cobalah beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda lakukan secara konsisten. Simak selengkapnya!

Buatlah Diri Anda Cepat Tidur di Malam Hari

Masalah umum yang dihadapi terkait sulit bangun pagi ialah karena begadang atau tidur terlalu larut di malam harinya. Biasanya, karena banyak hal menarik yang bisa dikerjakan pada malam hari sehingga membuat Anda tidur sangat larut. Bisa juga disebabkan karena Anda punya penyakit insomnia atau kebiasaan tidur tengah malam.

Apapun penyebab Anda sulit tidur di malam hari, sebenarnya itulah yang perlu Anda cari tahu untuk mengetahui solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Selain itu, Anda juga bisa menyibukkan diri di malam hari yang membuat Anda lelah, seperti olahraga ringan beberapa jam sebelum tidur, beres-beres rumah, atau kegiatan apapun yang membuat diri Anda lelah. Saat tubuh Anda mulai lelah, secara alami tubuh akan memerlukan waktu untuk pemulihan, pada akhirnya Anda akan mulai mengantuk lebih cepat.

Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Kalau Anda suka tidur siang dengan durasi waktu yang panjang, coba kurangi kegiatan tersebut. Mungkin itulah salah satu penyebab Anda susah tidur di malam hari, karena tubuh Anda sudah beristirahat terlalu lama.

Tidak masalah jika Anda ingin tidur siang, tetapi perhatikanlah durasinya, jangan terlalu lama. Idealnya, tidur di siang hari sekitar 10 sampai 30 menit saja sudah cukup.

Di samping itu, beberapa risiko penyakit juga akan mengintai jika Anda terlalu lama tidur siang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Tokyo menyimpulkan bahwa, tidur siang lebih dari 60 menit bisa meningkatkan 46% risiko diabetes tipe 2

Pasang Alarm Jauh Dari Jangkauan

Banyak orang yang sudah memasang alarm tapi tetap saja tidak bisa bangun, atau bangun hanya untuk mematikan alarm dan lanjut tidur lagi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah pasang alarm dengan bunyi agak keras dengan interval beberapa kali atau setiap 5 menit sekali. Dan juga, letakkan alarm tersebut jauh dari jangkauan Anda, kalau bisa di luar kamar tidur.

Saat alarm berbunyi terus-menerus, mau tidak mau Anda harus bangun dan mematikannya, Nah, kalau alarmnya jauh dari jangkauan, otomatis Anda harus benar-benar bernjalan untuk mencari sumber suara tersebut dan mematikannya. Dengan berjalan, Anda mengeluarkan energi yang membuat Anda lebih tersadar. Apalagi jalan yang Anda lalui tersorot sinar matahari, Anda akan segera sadar bahwa hari sudah pagi.

Cara ini lebih efektif dibandingkan dengan mematikan alarm sambil tertidur, karena kemungkinan Anda akan lanjut tidur.

Hindari Kafein Sebelum Tidur

Pasti Anda sudah tahu kalau minum kopi bisa menyebabkan sulit untuk tidur. Tetapi sebenarnya pemicunya bukanlah kopi, melainkan kafein di dalam minuman tersebut. Jadi, hindarilah segala minuman yang mengandung kafein beberapa jam sebelum waktu tidur.

Sebagai gantinya, cobalah minum air putih hangat ataupun susu hangat. Kedua minuman tersebut dipercaya dapat membantu Anda lebih cepat untuk terlelap.

Melakukan Sugesti Sebelum Tidur

Dengan mensugesti diri Anda terus-menerus sebelum tidur, diyakini sebagai salah satu cara bangun pagi yang cukup ampuh dan mudah dilakukan.

Anda hanya perlu mengulang-ulang beberapa kata yang meyakinkan diri bahwa Anda bisa bangun pagi atau tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah Anda tetapkan.

Cobalah cara ini, dijamin bisa membuat Anda bangun tepat waktu, asalkan yakin dengan sugesti yang telah Anda program.

Mengatur Kondisi Kamar Tidur

Salah satu hal yang membuat Anda gampang tertidur adalah ruangan atau kamar yang nyaman, yang membuat Anda rileks dan sangat memanjakan tubuh Anda.

Cobalah redupkan penerangan atau matikan saja sekalian. Selain itu, atur juga suhu ruangan hingga membuat Anda nyaman. Jangan lupa merapikan tempat tidur hingga nyaman untuk ditiduri.

Kalau dengan kondisi kamar yang nyaman Anda masih sulit tidur, coba deh gunakan aroma terapi di kamar yang membantu tubuh Anda makin rileks.

Itulah beberapa cara sederhana untuk bangun pagi. Semoga artikel di atas membantu Anda untuk bangun lebih awal! (ivan)

Editor : Budi Sarmun