Pelayanan Berbasis HAM, Rutan Wonogiri Dilengkapi Kamar Lansia dan Tempat Bermain Anak

rutan-wonogiri-berbasis-ham
KAMAR LANSIA : Para petugas berbincang dengan warga binaan di kamar khusus Lansia Rutan Kelas IIB Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wonogiri, Kabupaten Wonogiri dilengkapi dengan sejumlah sarana dan fasilitas untuk warga binaan maupun pembezuk. Antara lain berupa kamar khusus Lanjut Usia (Lansia), sarana untuk penyandang disabilitas, kursi roda, alat bantu jalan, ruang tunggu atau tempat bermain anak-anak, hingga ruang laktasi (ruang menyusui).

Kepala Rutan Kelas IIB Wonogiri, Urip Dharma Yoga didampingi Kepala Keamanan Agus Susanto mengungkapkan, Rutan tersebut berupaya memberikan pelayanan berbasis Hak Asasi Manusia (HAM) kepada warga binaan maupun para pembezuknya. “Kami melayani masyarakat yang mempunyai keterbatasan fisik, seperti Lansia dan difabel. Kami menyediakan kursi roda dan alat bantu jalan, sehingga pelayanan Rutan berbasis HAM,” katanya, baru-baru ini.

Selain itu, pihaknya menyiapkan kamar khusus Lansia dengan fasilitas yang bisa digunakan untuk warga binaan tersebut. Antara lain dengan menyediakan toilet duduk dan besi pegangan di dinding ruang tahanan.

“Mereka mengalami keterbatasan fisik karena Lansia. Apalagi, masa tahanannya lama, ada yang sembilan tahun, ada yang 15 tahun,” terangnya.

Baca : Aksi Heroik PMK Solo Selamatkan Kucing Bunting Masuk Sumur, YF Sukasno : Peralatan PMK Wajib Diperlengkap

Pihaknya juga menyediakan ruang laktasi bagi ibu-ibu yang membawa bayinya. “Ibu-ibu bisa menyusui atau mengganti popok bayinya tanpa dilihat orang banyak. Sedangkan untuk anak-anak yang bisa dilepas, kami sediakan ruang bermain anak-anak. Sehingga orang tuanya bisa lebih fokus saat berkomunikasi dengan warga binaan,” terangnya.

Warga binaan kini bisa mengetahui data-data tentang diri mereka. Cukup dengan menempelkan sidik ibu jari ke alat pemindai. Setelah itu, layar komputer akan menunjukkan data-data diri warga binaan tersebut. Antara lain data tentang masa tahanan dan berapa sisa masa tahanan yang masih harus dijalani.

Dia menuturkan, jam bezuk Rutan Wonogiri pada Senin-Kamis dibuka mulai pukul 09.00-13.30. Adapun pada Jumat sampai jam 11.30, sedangkan hari Sabtu sampai jam 12.00 WIB. “Kalau Minggu istirahat,” imbuhnya. (Khalid Yogi)

Baca : Ganjar Tertarik dengan Wisata Bangunan Kuno The Heritage Palace

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini