UMKM Karanganyar Dilatih Dagang Online Lewat Google

umkm-karanganyar-dilatih-internet
PELATIHAN INTERNET – Para pelaku UMKM dilatih mengenal pemasaran lewat google, di aula BPR/BKK Tasikmadu, Senin (7/10). (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Karanganyar dilatih berdagang dan mengembangkan usahanya lewat online, lewat google. Pelatihan dengan menghadirkan perwakilan google Solo Raya, yakni dari Google Gapura yang merupakan perwakilan google di Solo Raya.

‘’Selama ini sebetulnya sudah ada pelaku bisnis yang mengembangkan usahanya lewat internet. Namun baru terbatas lewat Whatsapp Group (WAG) atau facebook, instagram, twiter yang terbatas pada anggota group saja,’’ kata Nurrohmah Triastuti, Kabag Perekonomian Setda Karanganya, Senin (7/10).

Di depan sekitar 150 pelaku UMKM, dia mengatakan, memang perkembangan dunia sangat cepat. Sehingga jika tidak segera diikuti maka akan tertinggal dengan perkembangan yang begitu cepat terjadi.

Karena itu dia meminta pelaku UMKM  segera berubah, dan pemerintah berupaya memberikan fasilitas yang dibutuhkan agar bisa dipakai untuk memperlancar perekonimian dan perdagangan untuk UMKM.

Rio, dari gapura google Solo Raya mengatakan, terbukti dari sekitar 150 peserta yang sudah mengikuti pelatihan, tidak sampai 10 orang yang sudah memanfaatkan internet untuk usaha mereka. Itupun baru sebatas WAG, dan sebagainya. Karena itu penggunaan teknologi informasi sangat penting.

‘’Bayangkan, ada 143 juta pengguna internet di Indonesia yang akan menjadi target pasar lewat internet itu. Dan mereka memanfaatkan google. Karena itu meningkatkan google itu menjadi keniscayaan,’’ kata dia.

Masyarakat menggunakan internet paling tidak sekitar 8 jam sehari. Bandingkan televisi yang ditonton hanya paling lama 3 jam saja. Karena itu menggunakan internet jelas lebih maksimal untuk promosi.

Keengganan para pengguna internet selama ini menurut Rio adalah kemauan meng-update tampilan gambar yang dipromosikan. Karena jika tidak di-update maka tampilan terasa monoton. Dan itu menjadi utama jika berpromosi di internet.

‘’Yang jelas, berpromosi lewat google sangat banyak manfaatnya dan dijamin akan meningkatkan pasaran. Dan di samping itu, berjualan lewat internet lebih efisien dan efektif karena tidak memerlukan tempat, tidak memerlukan pegawai, sehingga bisa dilakukan sendiri,’’ kata dia.

Sederet efisiensi dan efektivitas berpromosi di internet sudah menunggu, dengan jutaan sasaran yang menjadi target. Karena itu sangat memungkinkan menggunakan internet untuk meningkatkan pemasaran.

Para pelaku UMKM diajari bagaimana mengupdate tampilan, memasang gambar di google, dan sebagainya. Terakhir pelaku UMKM diberi sertifikat asli dari google dan diakses sebagai anggota yang diakui.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini