Waspadai 8 Aplikasi Smartphone Yang Sering Mencuri Data Pribadi Anda

smartohone-pencuri-data-pribadi1
FOTO/ilustrasi

BUKAN rahasia lagi bahwa beberapa aplikasi smartphone dapat mengambil menympan, mengumpulkan data kartu kredit, atau berbagi informasi pribadi Anda.

Puluhan aplikasi berbahaya muncul di smartstore handphone setiap hari, begitu banyak bahkan Google Play atau App Store tidak dapat melacak mereka secara langsung.

Berikut beberapa aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengambil informasi pribadi anda.

1.Game Gratis
biaya pengembangan game membutuhkan banyak uang dan tenaga, jadi jika Anda menemukan game gratis, perlu diingat bahwa pengembang pasti akan menambahkan iklan lebih untuk aplikasi (yang biasanya disimpan ke cache dan memakan penyimpanan perangkat Anda) atau ada kemungkinan bahwa mereka mungkin mencuri dan kemudian menjual informasi pribadi Anda. Jadi jika Anda ingin men-download aplikasi permainan, pastikan itu dari develover yang sudah terkenal.

2. Aplikasi charge cepat
Ada banyak aplikasi yang menjanjikan Anda mereka dapat mempercepat proses pengisian ponsel Anda. Faktanya adalah: tidak ada (termasuk aplikasi) yang dapat mengisi baterai telepon Anda lebih cepat dari pengaturan default. Aplikasi ini hanya tipuan, dengan jumlah spam iklan tanpa henti ke handphone anda bahkan meskipun kondisi smartphone terkunci spam iklan tetap berdatangan.

3. Aplikasi Wi-Fi
Hati-hati dengan aplikasi Wi-Fi gratis yang mengklaim akan menyediakan map Wi-Fi hotspot, password Wi-Fi gratis, dan perlindungan jaringan. Kami menemukan bahwa beberapa dari mereka dapat mencuri data pribadi Anda, termasuk informasi kartu kredit.

4.Aplikasi pemutar musik
Selain menguras baterai , aplikasi ini juga memakan penyimpanan telepon Anda, serta spam iklan.

Ada beberapa aplikasi pemutar musik yang telah di build in virus dan kode hacker untuk menyalin data pribadi anda.

smartohone-pencuri-data-pribadi2
FOTO/ilustrasi

5.Aplikasi fake GPS
Aplikasi yang meminta untuk mengakses lokasi Anda tidak hanya secara signifikan memperpendek umur baterai ponsel Anda, tetapi juga dapat digunakan untuk menjual data pribadi Anda. aplikasi navigasi, pengiriman aplikasi, game seperti Pokemon Go, dan bahkan beberapa aplikasi media sosial melacak lokasi Anda. Luangkan waktu sejenak untuk melihat melalui aplikasi yang mengakses lokasi Anda dan hapus yang tidak perlu serta matikan akses ke lokasi Anda.

6. Aplikasi dengan masalah privasi

Ada banyak aplikasi di store yang mengharuskan Anda untuk memberikan akses ke nomor telepon, kontak, pesan teks, foto, lokasi, dll Yang paling populer aplikasi media sosial memiliki akses ke data pribadi Anda tanpa Anda menyadarinya. Jadi, berhati-hati ketika menginstal aplikasi baru yang membutuhkan akses ke data pribadi Anda. Anda juga dapat memeriksa pengaturan di manajer aplikasi.

7, Built-
Built-in browser yang sering terinstal dan mereka kadang-kadang terbuka secara otomatis ketika Anda mengklik link. Program ini tidak menjamin perlindungan data pribadi atau perlindungan terhadap virus dan mereka secara signifikan memperlambat sistem operasi ponsel Anda.

8. Aplikasi Tidak Berguna
Bukan rahasia bahwa terlalu banyak aplikasi di telepon membuat hidup baterai menjadi lebih pendek, memperlambat sistem, dan, secara umum, sangat mengganggu. Jadi sebaiknya anda menghapus aplikasi yang sudah tidak anda butuhkan lagi. (*)

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini