6 Cara Membuat Masker Wajah Buah Beserta Manfaatnya

masker-wajah-buah
FOTO/ilustrasi

MASKER BUAH– Jika Anda ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat, sebenarnya Anda tak perlu melakukan perawatan yang mahal-mahal, cukup gunakan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh alam, salah satunya adalah buah-buahan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata buah-buahan juga dapat diolah menjadi berbagai produk kecantikan, seperti masker wajah. Bahkan, banyak dari produk kecantikan modern saat ini yang menggunakan buah-buahan sebagai bahan dasar pembuatannya.

Bermacam vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah, diyakini dapat menutrisi kulit wajah, karena memang kulit pun memerlukan nutrisi yang cukup agar terjaga keindahan dan kesehatannya.

Nah, kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana cara membuat masker wajah dari bermacam buah-buahan. Simak selengkapnya!

Masker Wajah Apel

Buah apel mengandung vitamin A, B dan C yang cukup kaya. Beragam vitamin tersebut memiliki fungsinya masing-masing yang berguna untuk kesehatan kulit. Seperti vitamin A yang dapat membantu pembaruan sel, serta vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas.

Jika Anda rutin melakukan perawatan dengan masker apel, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti dapat menyamarkan noda pada wajah, sehingga wajah Anda terlihat lebih cerah alami. Selain itu, kesehatan kulit wajah pun akan terjaga, karena ternutrisi secara optimal.

Bagi yang ingin membuat masker buah apel, caranya cukup mudah, Anda memerlukan satu buah apel ukuran sedang yang sudah dibersihkan, lalu hancurkan hingga berbentuk pasta, oleskan pada kulit dan biarkan selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih dan gunakan pelembab setelahnya.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan alami sebagai campuran masker wajah apel ini. Misalnya, Anda dapat menambahkan madu yang bagus untuk kulit berminyak, atau Anda bisa tambahkan pisang untuk nutrisi tambahan serta kelembaban ekstra.

Masker Wajah Pepaya

Pepaya juga dikenal sebagai buah yang kaya manfaat, termasuk dalam bidang kecantikan. Cobalah lumat pepaya dan campurkan satu sendok makan madu murni, aduk kemudian oleskan di wajah secara merata. Setelah 20 menit, bilas wajah dengan air dan keringkan. Manfaat masker pepaya dan madu tersebut dapat melembabkan kulit dan menjaganya agar tetap terlihat cerah.

Selain dicampur madu, pepaya juga bisa dikombinasikan dengan jeruk, namun yang Anda butuhkan hanya sarinya saja atau jus jeruk.

Cara membuatnya mudah, campurkan pepaya yang sudah dihancurkan dengan jus jeruk, kemudian aplikasikan ke wajah, diamkan 15 menit dan akhiri dengan membilasnya.

Masker pepaya dan jeruk ini bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan noda di kulit.

Anda juga bisa memadukan buah pepaya dengan putih telur. Gunanya untuk membuat kulit wajah terlihat lebih kencang dan mengecilkan pori-pori. Sediakan sebutir telur dan ambil bagian putihnya saja, kemudian kocok rata dan campurkan bubur pepaya. Setelah semua tercampur dan mengental, aplikasikan masker pepaya dan putih telur tersebut ke wajah dan diamkan sampai mengering. Akhiri dengan bilas dan keringkan.

Mengapa pepaya begitu sering digunakan dalam perawatan kecantikan? Itu karena pepaya mengandung Vitamin A dan C yang menyehatkan kulit, serta memiliki manfaat anti-penuaan. Enzim papain dan asam alfa hidroksi mampu mengeksfoliasi kulit dan menyamarkan noda.

Masker Wajah Alpukat

Buah alpukat juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, selain itu juga berguna dalam bidang kecantikan. Jika digunakan sebagai masker wajah, buah alpukat dapat menutrisi kulit serta elastisitas kulit.

Manfaat tersebut didapat karena alpukat mengandung folat, vitamin B, C dan E serta senyawa fitonutrien dan juga lemak tak jenuh tunggal yang memiliki perannya tersendiri untuk menjaga kesehatan kulit.

Kalau ingin coba membuat masker alpukat di rumah, Anda hanya perlu menyediakan alpukat (ambil daging buahnya saja), jika memungkinkan Anda bisa menambah beberapa bahan seperti madu atau jus lemon.

Cara membuat masker alpukat ini sama seperti cara membuat masker sebelumnya, Anda hanya perlu mencampur bahan, mengaplikasikannya pada wajah, diamkan sampai mengering dan akhiri dengan bilas.

Masker Wajah Pisang

Selain beberapa buah di atas, Anda juga bisa menggunakan pisang sebagai masker wajah. Yang Anda perlukan adalah setengah buah pisang yang dilumat dan satu sendok makan madu. Cara membuatnya, campur semua bahan dan aduk rata hingga mengental seperti pasta, kemudian oleskan merata di wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Masker Wajah Nanas

Masker wajah nanas sangat bagus untuk meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap kencang. Kalau ingin membuatnya di rumah, campurkan beberapa potong nanas dengan satu sendok makan madu dan aduk sampai rata. Gunakan pada wajah Anda, kemudian bilas setelah didiamkan 20 menit. Silahkan coba dan lihat perbedaannya!

Semua masker wajah yang terbuat dari buah di atas cenderung aman digunakan untuk kulit, karena tidak menggunakan bahan kimia. Namun, jika terjadi hal yang tak diinginkan, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan pada dokter kecantikan Anda. (ivan)

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini