Cara Membuat Blog bagi Pemula (Tahap Demi Tahap)

cara-membuat-blog2
FOTO ILUSTRASI

CARA membuat blog – Blogging adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk sekedar menyalurkan hobi ataupun dijadikan sebagai mata pencaharian tetap. Ya, hanya dengan sebuah blog, Anda bisa menghasilkan jutaan bahkan puluhan juta dalam sebulan, angka yang cukup fantastis mengingat Anda hanya perlu online dan tak perlu datang ke kantor.

Namun, kegiatan yang bisa menghasilkan banyak uang ini perlu ketekunan serta kesabaran dalam melakoninya, tidak hanya sekali buat lalu Anda bisa punya penghasilan tetap.

Misalnya, Anda perlu update post atau artikel pada interval waktu tertentu agar blog Anda selalu mempunyai konten yang “segar”, lalu Anda juga perlu mempromosikan situs agar dikenal banyak orang, dan masih banyak hal penting lain yang perlu dilakukan.

So, kalau tekad Anda sudah bulat ingin mencari uang dari dunia maya khususnya pada blog, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat blog itu sendiri. Berikut cara dalam membuat blog bagi pemula!

Menentukan Tema Blog

Tema blog adalah salah satu hal penting yang perlu dipikirkan matang-matang di awal. Ini bisa menentukan kesuksesan blog di masa yang akan datang.

Jika Anda masih pemula dalam dunia blog, cobalah untuk membuat blog dengan tema yang Anda kuasai terlebih dahulu. Mengapa demikian? Dengan membuat tema yang blog yang Anda kuasai, Anda akan lebih mudah dalam membuat konten dan bukan tidak mungkin Anda bisa memproduksinya secara berkesinambungan.

Selain itu, dengan menguasai tema tertentu, Anda pun akan menulis sesuatunya secara lebih expert, di mana hal tersebut disukai oleh pembaca.

Banyak tulisan beredar di internet yang hanya membahas secara umum atau garis besarnya saja, tetapi kalau Anda ahli di bidang tertentu, maka kemungkinan tulisan Anda akan lebih mendalam dan pembaca akan mulai bookmark situs Anda.

Anda bisa memilih bebagai macam tema pada blog, seperti hewan peliharaan, kesehatan, kecantikan, berita atau bisa juga membahas sesuatu yang sedang viral.

Apapun tema dalam blog Anda, pastikan itu bisa diupdate secara rutin, dan jangan lupa berkunjung ke blog yang mempunyai tema sejenis untuk mendapatkan ide-ide baru yang tak terpikirkan sebelumnya.

Memilih Nama Domain

Nama domain sangat penting artinya dalam sebuah blog, bisa dibilang nama domain juga mewakili brand Anda. Sebegitu pentingnya memilih nama domain yang tepat, sampai-sampai beberapa nama domain bisa dilelang sampai ratusan juta harganya!

Untuk memilih nama domain yang tepat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, misalnya memakai kata kunci blog di dalam domain atau yang lebih populer dengan istilah “keyword on domain” atau bisa juga dengan menggunakan judul blog itu sendiri.

Sebagai contoh penggunaan keyword on domain: manfaatbuahmelon.com – Di mana dalam domain tersebut menarget kata kunci “manfaat buah melon” seperti yang tertera pada domain.

Sedangkan contoh brandable domain misalnya suaramerdekasolo.com – Di mana nama domainnya memang sama seperti judul portal ini sendiri.

Alternatif lain jika blog Anda sifatnya pribadi atau hanya berisi catatan saja, Anda bisa menggunakan nama Anda sendiri. Jadi kalau blog Anda populer, nama Anda juga ikut terkenal!

Bagaimana jika Saya menggunakan subdomain gratis seperti blogspot.com atau weebly.com?

Boleh-boleh saja, cuma nanti kendalanya CTR (Click Through Rate) blog jadi kecil. Kenapa begitu? Kalau Anda mengetik sebuah kata kunci di Google misalnya, lalu Anda mendapati yang ada di halaman pertama blog dengan ekstensi com dan blogspot, Anda lebih percaya yang mana? Atau ingin klik yang mana? Yups, banyak yang akan klik blog berekstensi .com karena dinilai lebih profesional.

Untuk membeli Top Level Domain seperti .com ,net dan sebagainya, di Indonesia sudah banyak penyedia layanan resmi. Harganya pun terbilang cukup bersahabat, kisaran puluhan sampai ratusan ribu per tahunnya.

Membuat-Blog
FOTO ILUSTRASI

Memilih Host dan CMS

Sebagai pemula, ada beberapa paket host yang umumnya disediakan para penyedia layanan, seperti shared hosting atau VPS (Virtual Private Server).

Jika Anda baru ingin memulai, Saya sarankan Anda pilih saja shared hosting dahulu, karena selain harganya lebih murah, biasanya sudah disediakan panel-panel yang bisa memudahkan Anda dalam mengelola website. Seiring berkembangnya blog, Anda bisa beralih ke VPS.

Kalau Anda tidak mau membayar hosting, ada beberapa pilihan seperti Blogger, Weebly atau WordPress. Namun yang paling enak dan mudah penggunaannya adalah Blogger.

CMS (Content Manajemen System) adalah semacam software yang mengatur konten pada situs web, umumnya diinstal pada host tertentu. Kalau ingin memulai blog, cobalah gunakan CMS yang mudah seperti Blogger atau WordPress.

Update Konten dan Promosi

Mungkin beberapa cara membuat blog di atas bisa dibilang mudah, bagian tersulitnya adalah menjalankan blog itu sendiri. Kalau traffic blog ingin ramai, maka Anda harus banyak membuka pintu masuk bagi pembaca.

Caranya dengan memperbanyak indeks di mesin pencari dengan cara membuat artikel banyak, rutin dan berkualitas atau bisa dengan melakukan promosi dengan membagian artikel ke media sosial.

Kalau untuk blog yang masih baru, cobalah untuk rajin mempostingnya ke media sosial, cuma jangan terlalu sering dan membabi buta, cukup beberapa kali share saja.

Untuk persaingan di mesin pencari rasanya masih sulit, mengingat blog masih baru dan Anda perlu menguasai cara optimasi blog yang baik. Mungkin akan Saya bahas di lain waktu mengenai cara optimasi ini.

Mudah bukan tahapan-tahapan dalam membuat blog? Selamat mencoba! (*)

Editor : Budi Sarmun

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini