6 Bahaya Gadget Bagi Kehesehatan Fisik dan Mental

bahaya-gadget1
FOTO ILUSTRASI

BAHAYA GADGET – Di zaman modern ini, penggunaan gadget sepertinya sudah tak terelakkan lagi. Selain dapat mempermudah pekerjaan, penggunaan gadget juga bisa menjadi media hiburan di kala waktu senggang.

Semua kalangan kini sudah dapat menikmati produk teknologi ini dengan berbagai kecanggihan fiturnya, karena memang harganya yang sudah bersahabat dan mudah ditemui di mana pun.

Hal itu mengingat persaingan brand-brand gadget yang mulai bertumbuh, sehingga perang harga dan kekayaan fitur menjadi daya tarik mereka.

Sebut saja smartphone, laptop, tablet dan berbagai perangkat canggih lainnya yang sudah dimiliki oleh mayoritas masyarakat dari berbagai kalangan. Bahkan, tak jarang jika satu orang saja bisa memiliki lebih dari satu jenis gadget yang selalu dibawa-bawa kemanapun.

Namun, dibalik semua manfaat yang bisa didapat dari berbagai macam gadget, ternyata ada juga lho pengaruh buruknya! Bahkan jika digunakan terlalu intens dapat menyebabkan beberapa penyakit serius!

Kalau Anda penasaran, berikut adalah beberapa pengaruh negatif yang bisa ditimbulkan karena penggunaan gadget yang terlalu intens baik dari segi kesehatan fisik maupun mental.

Dapat Merusak Mata

Jika berbicara tentang gadget, maka tak lepas dari yang namanya layar. Layar pada gadget ini ternyata bisa menimbulkan kerusakan serius pada mata.

Terlalu lama menatap layar dapat menyebabkan otot cilliaris berkontraksi dalam bola mata. Ini tidak hanya berlaku untuk smartphone saja, tetapi segala perangkat elektronik yang memiliki layar umumnya memiliki efek serupa.

Gelombang cahaya biru yang berasal dari layar gadget dapat masuk ke bola mata, yang pada akhirnya akan berdampak buruk untuk retina dalam jangka panjang.

Hal ini pun tidak hanya berlaku bagi orang dewasa saja, anak-anak yang sering menatap gadget terlalu lama juga akan mengalami efek yang sama.

Pada masa pertumbuhan, anak dengan paparan gadget yang intens akan lebih mungkin memiliki mata minus dibanding dengan anak yang tanpa gadget atau sesekali menggunakan gadget. Itu disebabkan karena kontraksi berlebihan pada otot mata, yang memicu terjadinya mata minus.

Mengganggu Jam Tidur

Apakah Anda salah satu orang yang selalu memainkan gadget sebelum tidur? Jika iya, maka sebaiknya hentikan kegiatan itu segera! Jangan biarkan gadget dekat dengan ruang tidur Anda.

Dengan bermain gadget sebelum tidur, biasanya Anda akan menemukan hal seru yang membuat Anda semakin antusias dengan gadget, sehingga membuat Anda semakin sulit untuk tidur.

Efeknya, jam tidur Anda akan terganggu dan membuat waktu istirahat semakin sedikit kalau Anda harus bangun di pagi hari.

Selain itu, biasanya kalau memainkan gadget sebelum tidur, Anda akan memainkannya sambil dalam posisi “tiduran”, di mana itu juga membuat mata tak nyaman, menimbulkan pusing dan membuat leher menjadi sakit.

bahaya-gadget2
FOTO ILUSTRASI

Mengabaikan Hal Sekitar

Pernahkan Anda berbicara dengan seseorang tapi pandangannya selalu tertuju pada gadget? Hal demikian sesungguhnya tidak baik, karena ada kesan tidak menghormati lawan bicara. Tapi lihatlah fenomena yang terjadi sekarang, berapa orang yang seperti itu?

Maka ungkapan “Gadget menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh” ada benarnya. Di mana orang terdekat dengan kita menjadi kita abaikan dan orang-orang yang jauh bisa menjadi dekat karena selalu terhubung via media sosial.

Menimbulkan Obesitas

Mungkin Anda akan mengira bahwa penggunaan gadget dan kenaikan berat badan tak ada hubungannya, tapi sebenarnya ada hubungannya lho!

Hal ini lebih mungkin terjadi pada anak, di mana saat bermain gadget, anak akan berkurang aktivitas fisiknya.

Bermain gadget biasanya mengharuskan untuk duduk diam dan hanya fokus pada layar saja, hal itulah yang berisiko memicu kenaikan berat badan, karena pada saat diam saja tanpa melakukan pergerakan apa-apa, otomatis tidak ada kalori yang terbakar layaknya orang yang selalu melakukan aktivitas fisik.

Terpapar Radiasi

Anda pasti sudah sering mendengar hal ini, bahwa terlalu sering kontak dengan gadget memungkinkan untuk terpapar radiasi lebih banyak.

Walaupun belum diketahui secara pasti apa pengaruh radiasi gadget pada manusia, namun kita harus tetap wapada akan hal ini. Contohnya, radiasi bisa mengakibatkan hal buruk pada ibu hamil, yaitu bisa mempengaruhi pelindung yang mengelilingi sel saraf otak pada janin. Bagi pria dewasa, radiasi gadget dapat mempengaruhi kesuburan.

Namun hal di atas memerlukan penelitian lebih lanjut lagi, yang pasti tak ada salahnya kalau Anda membatasi atau minimal mengurangi waktu kontak dengan gadget.

Dapat Menimbulkan Kecanduan

Kecanduan gadget ini umumnya terjadi pada anak-anak, di mana mereka sulit sekali untuk lepas dari gadget. Hal ini dipengaruhi oleh keseruan saat bermain gadget, terutama game. Saat dihentikan dari keseruannya, maka anak bisa berontak dan menjadi emosional.

Solusinya, batasi penggunaan gadget pada anak, atau atur waktu bermain gadget, sehingga mereka tak terlalu berfokus pada gadget saja. Selain itu, Anda juga bisa mendorong anak untuk bermain yang melibatkan aktivitas fisik dan kemampuan bersosialnya. (*)

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini