Tak Hanya Surabaya, Solo Juga Punya Jembatan Merah

FB_IMG_1569748975352-kreteg-abang-solo2
FOTO/facebook.com

SOLO,suaramerdekasolo.com – Kota Surabaya Jawa Timur dikenal sebagai Kota Pahlawan. Di Ibukota provinsi itu dahulu pada 10 November 1945 terjadi peperangan besar antara pejuang dengan pasukan Inggris yang diboncengi tenyara NICA.

Pada saat itu lokasi peperangan yang juga terkenal ada di sebuah jembatan yang saat imi dikenal dengan jembatan merah.

Nah, 264 km arah barat Surabaya, tepatnya Kota Solo yang dikenal dengan kota perjuangan kemerdekaan ada juga jembatan merah.

Namun warga setempat senang menjuluki sebagai Kreteg Abang yang maknanya tidak jauh dengan jembatan merah. Jembatan yang di bawahnya mengalir Kalianyar ini memiliki panjang 34 meter dengan lebar sembilan meter.

Karena kondisi jembatan ini sudah mulai rusak karena dimakan zaman. Oleh Pemkot Surakarta, maka jembatan yang terletak di Kelurahan Nusukan, Banjarsari Solo ini direnovasi.

Dari hasil sidak Komisi II DPRD Kota Surakarta akhir pekan lalu yang diikuti seluruh anggota komisi II. yang baru dilantik disebutkan, pekerjaan fisik Kreteg Abang sudah selesai.
Pelaksana proyek tinggal memasuk tahap finising.
“Pekerjaan sedikit-sedikit aja,” terang Ketua Komisi II DPRD Surakarta Yf Sukasno.

FB_IMG_1569748981442-kreteg-abang solo

Ikon Wisata

Ia menjelaskan pada 2018, eksekutif dan legislatif Kota Solo sepakat menganggarkan dana sekitar Rp 9,5 miliar untuk mendanai infrastruktur ini. Dilanjutkan pada 2019 anggaran sekitar Rp 4,4 miliar.

Dikatakan, panjang jembatan ini sekitar 34 meter dengan lebar 9 meter. Setelah diresmikan nanti Kreteg Abang akan sangat membantu arus lalulintas dari kota ke Solo bagian Utara.

“Dan juga mengurangi kepadatan arus lalu lintas Selama Jembatan Ngemplak maupun Jembatan Kandang sapi,” kata wakil rakyat dari PDIP ini

Harapannya imbuh dia, kehadiran jembatan ini akan semakin membantu tumbuhnya perekonomian Solo bagian Utara

Heru Suryono warga setempat berharap kehadiran Kreteg Abang ini menambah daya pesona kawasan sungai di Kalianyar. Warga berharap ada penataan lebih baik agar jembatan ini bisa menjadi ikon wisata kota.
“Ya kami sebagai warga kecil berharap jembatan baru ini turut menyejahterakan perekonomian masyarakat setempat,” imbuhnya. (Budi Santoso)

komisi-2-dprd-solo-sidak-kreteg-abang
FOTO/dok

Editor : Nindya Achmadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini