Keren, Rusa Dodiklatpur Berkembang Biak dengan Baik

rusa-dodiklatpur
RUSA : Danrindam IV Diponegoro Kol Inf Amrin Ibrahim bersama Dandodiklatpur Rindam IV Diponegoro Letkol Inf Agus Adhy Darmawan memberi makan rusa yang dipeliharan di Dodiklatpur Klaten, Minggu (22/9).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sekelompok rusa yang dipelihara di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro di Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten ternyata bisa berkembang biak dengan baik. Tentu saja semua itu berkat perawatan dan makanan yang baik.

Kawanan itu diperlihara di kandang di dalam komplek Dodiklatpur sejak beberapa waktu terakhir. Awalnya, ada empat rusa dari TWC Prambanan dan satu ekor didatangkan dari Cilacap. Sayangnya, satu rusa mati, namun yang lain bisa hidup dengan baik dan sudah beranak.

‘’Saat ini, ada delapan rusa dewasa dan satu ekor anak rusak yang baru lahir awal September. Dua betina juga sedang bunting, dalam waktu dekat akan beranak jadi jumlahnya terus bertambang,’’ kata Komandan Dodiklatpur, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan.

Minggu (22/9), Komandan Rindam IV Diponegoro Kolonel Inf Amrin Ibrahim menyempatkan memberi makan rusa-rusa itu, usai memimpin upacara penutupan Pelatihan Dasar CPNS golongan II dan III PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta. Danrindam memang sangat menyukai rusa, sehingga setiap datang ke Dodiklatpur, dia menyempatkan menengok rusa-rusa itu.

Setiap hari, Dandodiklatur menugaskan dua anggotanya untuk mencari rumput segar di lingkungan sekitar. Jenis rumputnya pun yang disukai rusa, sehingga mereka makan lahap dan sehat. Selain itu, rusa juga diberikan makan konsentrat seminggu dua kali.

Dandodikltpur tampak bersungguh-sungguh memelihara rusa, sehingga dibuatkan kandang kokoh dan cukup luas di tepi jalan. Ada bagian kandang terbuka dengan beberapa pohon di dalamnya. Ada pula bagian yang diberi peneduh.
Di dalam kandang terdapat sebuah kolam tempat minum rusa yang selalu penuh air bersih. ‘’Rusa dipelihara dengan baik, setiap hari kandang dibersihkan sehingga rusa bisa berkembang biak dengan baik,’’ kata Dandodikltpur.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini